Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional Pada Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Siswa Kelas V di SDN 09 Surau Gadang

Penulis

  • Surtia Haida Sholeha Universitas Bung Hatta
  • Rieke Alyusfitri Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS V DI SDN 09 SURAU GADANG Surtia Haida Sholeha1, Rieke Alyusfitri1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : surtiahaida12@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru belum pernah menggunakan media pembelajaran interaktif, melainkan guru masih tepokus kepada buku tematik dan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash professional pada materi bangun ruang kubus dan balok siswa kelas V SDN 09 Surau Gadang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan yaitu define, design, dan develop. Validator angket validitas dilakukan oleh 2 orang dosen dan praktikalitas dilakukan oleh guru dan 26 siswa kelas V SDN 09 Surau Gadang. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi dua orang validator. Validitas media meliputi dua aspek yaitu aspek materi, dan aspek media. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, media yang dikembangkan mendapatkan presentase 91,8% dengan kriteria sangat valid baik dari aspek materi dan aspek media. Hasil praktikalitas guru mendapatkan presentase 94,3% dan hasil praktikalitas siswa mendapatkan presentase 94,3% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash professional sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash

Referensi

Sugiyono. (2015). Metode penelitian & pengembangan (research and development). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.

Rezki, Sri. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash Profesional berbasis problem based learningpada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 2. Nomor 4. Hlm 856

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01