Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Pada Materi KPK Dan FPB Untuk Siswa Kelas IV SDN 05 Surau Gadang

Penulis

  • Viona Febriani Universitas Bung Hatta
  • Zulfa Amrina Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KPK DAN FPB UNTUK SISWA KELAS IV SDN 05 SURAU GADANG Viona Febriani¹,ZulfaAmrina¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email:vionafebriani28@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis Dsicovery Learning pada materi KPK dan FPB untuk siswa kelas IVS DN 05 Surau Gadang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitiani ni adalah penelitian pengembanagn (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa).Validator terdiri dari3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan,validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh presentase validitas79,16% dengan kriteriacukup valid,dari aspek bahasa bahasa diperoleh presentase kevalidan 87,5% dengan kriteria valid dan dari aspek desain diperoleh presentase kevalidan 81,25% dengan kriteria valid. Dilihat dari rata-rata validitas modul pembelajaran Matematika berbasis Discovery Learning pada materi KPK dan FPB memenuhi kriteria valid dengan presentase kevalidan 85%. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 27 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh presentase kepraktisan 85,95% dengan kriteria praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan presentase kepraktisan 85,92% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Discovery Learning memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar (SD) secara mandiri. KataKunci: Pengembangan Modul Matematila, Discovery Learning

Referensi

Anwar, C. (2017). Teori-teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer Formula dan Penerapannya Dalam Pembelejaran. Yogyakarta: Diva Press.

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual (Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01