Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Untuk Siswa Kelas V Di SDN 20 Batu Hampar Kabupaten Agam

Penulis

  • Nika Fitri Yanti Universitas Bung Hatta
  • Rona Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V DI SDN 20 BATU HAMPAR KABUPATEN AGAM Nika Fitri Yanti1, Rona Taula Sari1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-Mail : nikafitriy11@gamil.com Penelitian bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi rantai makanan dalam ekosistem untuk kelas V SDN 20 Batu Hampar Kabupaten Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan Model 4-D yaitu define, disign, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap develop yakni pada tahap validasi dan tahap praktikalitas. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang di isi oleh ahli materi, ahli Bahasa, dan ahli desain dan lembar praktikalitas yang di isi oleh guru dan 14 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas V SDN 20 Batu Hampar Kabupaten Agam termasuk kategori sangat valid. Ahli validitas yaitu ahli materi aspek didaktik dengan rata-rata 3,75 sangat valid, aspek konstruksi dengan rata-rata 4,00 sangat valid, dan aspek teknis dengan rata-rata 3,87 sangat valid. Ahli Bahasa aspek didaktik rata-rata 3,75 kategori sangat valid, aspek konstruksi rata-rata 3,25 kategori valid, dan aspek teknis rata-rata 3,80 sangat valid. Ahli desain aspek didaktik rata-rata 4,00 sangat valid, aspek konstruksi rata-rata 3,80 valid, dan aspek teknis rata-rata 3,72 sangat valid. Modul yang dikembangkan termasuk kategori sangat praktis oleh guru dengan rata-rata 90%. dari peserta didik dengan rata-rata 91,64 % dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivime yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V SD. Sehingga, modul dapat digunakan secara mandiri. Kata Kunci : Pengembangan, Modul IPA, Pendekatan Konstruktivisme

Referensi

Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arabi. Okara: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 96.

Aminah, Neneng. (2019). Pendekatan Konstruktivisme Paradigma Baru Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Euclid, 1(1). 55-59.

Ardiansyah, (2018). Implementasi Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Biologi Peserta Didik Sebagai Landasan Pendidikan Nasional. Nuansa: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 15-20.

Artawan, G. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teks Biografi. Journal Of Education Research And Evaluation, 1(4), 218

Anggraeni. (2019). Urgensi Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Pada Pembelajaran Pkn SD Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal PPKN, 14(2), 28

Darmini, M. (2014). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Inkuiri Berkarakter. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media.

Diana, R.(2019). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Di Mi Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung. (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

Diterbitkan

2022-08-01