Development of Minangkabau Culture-Based Mathematics Learning Module Materials for Circumference and Area of Flat Shapes for Grade IV A Students of SD Negeri 03 Alai Padang

Penulis

  • Alfira Sri Rahayu Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA MINANGKABAU MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SD N 03 ALAI PADANG Alfira Sri Rahayu¹, Arlina Yuza¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : srirahayualfira@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis budaya Minangkabau pada materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV A SD N 03 Alai Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh persentase validitas 80,35% dengan kriteria valid, dari aspek bahasa diperoleh persentase kevalidan 83,92% dengan kriteria valid dan dari aspek desain diperoleh persentase kevalidan 92,85% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas modul pembelajaran Matematika memenuhi kriteria 85,70%. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 16 orang siswa. Dari hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh persentase kepraktisan 93,12% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase kepraktisan 92,61% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis budaya Minangkabau memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar (SD) secara mandiri. Kata kunci : pengembangan modul, berbasis budaya, matematika.

Referensi

Janawi, 2013. Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran. Yogyakarta : Ombak.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar&Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul. Yogyakarta. Gava Media.

Gunanto, Adhalia Dhesy. 2013. Matematika Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta : Gelora Aksara Pratama.

Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif, Progresif, dan Kontekstual (Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Eva, Y., & Rieke, A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas IV SD N 06 Pasir Jambak Kec. Koto Tangah Padang (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta)

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01