Development of Inquiry-Based Science Learning Module on the Theme of Clean Air for Health Class V UPT SDN 31 Limau Manis Pesisir Selatan Regency

Penulis

  • Debi Zahera Alsy Universitas Bung Hatta
  • Rona Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INQUIRI PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN KELAS V UPT SDN 31 LIMAU MANIS KABUPATEN PESISIR SELATAN Debi Zahera Alsy1, Rona Taula Sari2 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : debizaheraalsy12@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis inquiri pada tema udara bersih bagi kesehatan untuk kelas V UPT SDN 31 Limau Manis Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Susanto (2019:177) tentang hakikat IPA, teori Widiana (2016:148) tentang IPA, teori Darmini (2014:3) tentang pembelajaran IPA di SD, teori Anam (2015:7) tentang inquiri, teori Heksa (2020:14) tentang pembelajaran inquiri, teori Walid (2017:70-73) tentang langkah-langkah pembelajaran inquiri, teori Daryanto (2013:31) tentang modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yaitu define, design, develop, disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop yakni pada tahap validasi dan tahap praktikalitas. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang di isi oleh 1 dosen validator materi, 1 dosen validator bahasa, dan 1 dosen validator desain dan lembar praktikalitas yang di isi oleh 1 guru dan 11 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis inquiri untuk kelas V UPT SDN 31 Limau Manis Kabupaten Pesisir Selatan termasuk kategori sangat valid dengan rata-rata validitas 3,73. Modul yang dikembangkan termasuk kategori sangat praktis oleh guru dengan rata-rata praktikalitas 96% dan dari siswa dengan rata-rata praktikalitas 97% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis inquiri yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V SD. Sehingga, modul dapat digunakan secara mandiri dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis inquiri dengan kompetensi dasar dan materi lainnya. Kata kunci: Pengembangan, Modul IPA, Inquiri.

Referensi

Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indek.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01