Development of Social Studies Learning Media Based on Snakes and Ladders Game for Grade IV Elementary School Students

Penulis

  • Olivia Fitri Universitas Bung Hatta
  • Darwianis Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Olivia Fitri¹, Darwianis² ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ²Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: oliviafitri20@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPS berbasis permainan ular tangga untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Mudjiono & Dimyati (2013:37) tentang pengertian belajar, teori Nurhikmah (2019:5) tentang pengertian pembelajaran, teori Trianto (2015:171) tentang pengertian IPS, teori Arsyad (2016:3) tentang pengertian media pembelajaran, teori Widowati (2014:2) tentang pengertian permainan ular tangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yaitu define, design, develop, disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop yakni pada tahap validasi dan tahap praktikalitas. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang diisi oleh 1 dosen validator materi, 1 dosen validator bahasa, dan 1 dosen validator desain dan lembar praktikalitas yang di isi oleh 1 guru dan 12 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran IPS berbasis permainan ular tangga untuk siswa kelas IV sekolah dasar termasuk kategori valid dengan rata – rata validitas 88,85%. Media yang dikembangkan termasuk kategori sangat praktis oleh guru dengan rata – rata praktikalitas 88,33% dan dari siswa rata – rata praktikalitas 89,99% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPS berbasis permainan ular tangga yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD. Sehingga, media dapat digunakan secara mandiri dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis permainan ular tangga. Kata kunci: Pengembangan, Media IPS, Permainan Ular Tangga

Referensi

Arsyad, Azhar (2019). Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Giyartini,Rosarina dkk.2020. Pengembangan Media Ular Tangga Tentang Lahirnya Pancasila Untuk IPS Kelas V SD. Tasikmalaya: Indonesia Journal Of Primary Education. Vol 4 No 1. Hal 56–68. ISSN : 2597-4866.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Trianto.(2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01