Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Padang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika

Penulis

  • Nada Fairuz Universitas Bung Hatta
  • Rita Desfitri Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

kecerdasan emosional, minat belajar, hasil belajar, matematika

Abstrak

Kecerdasan emosional dan minat belajar perlu dikembangkan di sekolah, salah satunya dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya kecerdasan emosional dan minat belajar siswa kelas VIII.2 SMPN 12 Padang masih rendah, ini terlihat dari pembelajaran siswa yang hanya fokus pada rumus akhir yang diberikan guru, kurang mencoba memahami langkah-langkah dalam memperoleh rumus, dan hanya menyalin materi ke catatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 12 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 12 Padang. Pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling dengan kelas sampel yaitu kelas VIII.2 SMPN 2 Padang. Pengumpulan data menggunakan metode pengisian kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan analisis nilai korelasi dari kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,547 dan diperoleh data analisis besar konstribusi kecerdasan emosional dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika sebesar 29,9% memiliki hubungan yang sedang. Dari hasil penelitian yang dilakukan, pengaruh kecerdasaan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa termasuk kategori sedang. Hal ini terlihat dari nilai koefisien korelasi. Dari hasil penelitian disarankan hendaknya guru dapat memahami bagaimana tingkat kecerdasan dan minat belajar siswa agar guru dapat mengatasi hasil belajar matematika yang rendah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-18