Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pengembangan Sikap Nasionalisme Terhadap Siswa di MAN 1 Pasaman Barat

Penulis

  • Julia Karlina
  • Pebriyeni .

Kata Kunci:

Peran Guru PPKn, Sikap Nasionalisme, Cinta Tanah Air

Abstrak

Sikap intoleran, radikalisme, konflik SARA, kenakalan remaja merupakan contoh permasalahan yang sedang dihadapi pelajar Indonesia saat ini. Hal itu menunjukkan kemerosotan dalam pengembangan sikap nasionalisme. Untuk menanggulangi hal tersebut perlu adanya peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan karena tujuan dari mata pelajaran PPKn ialah menanamkan karakter pengamalan nilai moral pancasila, memiliki pemahaman dan sikap positif tentang UUD 1945, berpikir kritis, rasional, dan kreatif serta berjiwa nasionalisme, cinta tanah air,berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab sebagai anggota masyarakat bangsa dan negara (Pebriyenni, dkk 2021:9773). Hal itu sejalan dengan indikator sikap nasionalisme menurut (Sari, 2017:17) diantaranya: bangga sebagai bangsa Indonesia, cinta tanah air dan bangsa, rela berkorban untuk bangsa, bangga pada keanekaragaman budaya bangsa, menghargai jasa para pahlawan, mengutamakan kepentingan bersama. Melalui pembelajaran ada beberapa peran guru yang diklasifikasikan oleh (Rusman, 2016:62-64) diantaranya ialah: guru berperan sebagai demonstrator, guru berperan sebagai pengelola kelas, guru berperan sebagai mediator atau fasilitator dan guru berperan sebagai evaluator.

Referensi

Pebriyenni, P., Muslim, M., & Sumarni, S. (2021). Validity of Assessment Instruments Based on Higher-Order Thinking Skill on Learning Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 9772-9782.

Rusman.2016. Model-Model Pembelajaran Mengambangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada

Sari, I. K. S. I. P. (2017). Analisis karakter nasionalisme pada buku teks kurikulum 2013 edisi revisi 2016 kelas I SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-Sd-An, 4(2).

Sugiono, S., & Kuntjojo, K. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255-276.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-03