PENGEMBANGAN SISTEM UJIAN AKHIR SEMESTER BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMA NEGERI 1 LINTAU BUO
Abstrak
PENGEMBANGAN SISTEM UJIAN AKHIR SEMESTER BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMA NEGERI 1 LINTAU BUO Silvia Lauren, Ade Fitri Rahmadani, S.Pd., M.Pd.T Mahasiswa Program Studi PTIK FKIP Dosen Program Studi PTIK FKIP Universitas Bung Hatta E-mail: silvialauren02@gmail.com ABSTRAK Saat ini proses pelaksanaan ujian akhir semester di SMA Negeri 1 Lintau Buo masih dilakukan secara manual dimana dalam pelaksanaan ujian masih menggunakan kertas. Dengan mengembangkan sistem ujian akhir semester berbasis computer based test (CBT) pada mata pelajaran informatika ini diharapkan dapat benar-benar valid dan praktis dalam mengetahui tingkat pengetahuan siswa. Mencakup hemat dan praktis dalam pembuatan dan penyajian soal, meminimalisir ketidaktepatan waktu pelaksanaan dan pengumpulan jawaban ujian, meminimalisir tingkat kesalahan koreksi hasil jawaban, serta valid dalam pemeriksaan dan penilaian jawaban ujian siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan pengembangan atau Research and Develpoment (RnD). Pengembangan sistem ujian akhir semester berbasis computer based test (CBT) ini dilakukan dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MYSQL sebagai database. Untuk memberikan keamanan terhadap data dan informasi, maka digunakan username dan password untuk masing-masing user. Hasil uji validitas penelitian ini diperoleh dari 2 orang ahli yaitu ahli media dan ahli materi dengan nilai validitas sebesar 92,5% dinyatakan sangat valid, dan hasil uji praktikalitas diperoleh dari hasil analisis angket menggunakan uji validitas item tes dan uji reliabilitas dengan nilai praktikalitas sebesar 83% dinyatakan praktis. Kata Kunci : Sistem, Computer Based Test (CBT), PHP, MySQL.Referensi
DAFTAR PUSTAKA
M. B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269
Amarta Sholehuddin, M. D., Auliasari, K., & Faisol, A. (2021). Pengembangan Sistem Ujian Online Minat Dan Bakat Siswa Smk Pada Smk Islam Batu. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(2), 534–540. https://doi.org/10.36040/jati.v5i2.3723
Aminudin, N., & Susilo, I. (2019). Perancangan Sistem Aplikasi Ujian Online Berbasis Web Pada Sma Negeri 1 Kalirejo. Aisyah Journal Of Informatics and Electrical Engineering (A.J.I.E.E), 1(1), 81–88. https://doi.org/10.30604/jti.v1i1.14
Arisandi, D., Rachmawati, D dan Aulia, I. (2018). Pengembangan Computer-Based Test sebagai Strategi Peningkatan Efisiensi Evaluasi KegiatanBelajar Mengajar. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Meda .Vol 1 No 1
Asep Jihad, Evaluasi Pembelajaran, (2012). Yogyakarta: Multi Pressindo. hlmn. 14-15
Baco, S., Rosmiati, R., Lahamid, A., & Jumra, J. (2020). Perancangan Aplikasi Evaluasi Hasil Belajar Siswa Berbasis Android Pada Smp Negeri 1 Soppeng Riaja. ILTEK : Jurnal Teknologi, 15(01), 32–38. https://doi.org/10.47398/iltek.v15i01.506
Bustamin, S., & Arif, N. (2021). Permodelan Sistem Evaluasi Hasil Pembelajaran Berbasis Website dengan Menggunakan PHP dan MySQL (Studi Kasus SMKN 1 Makassar). Dewantara Journal of Technology, 02(01), 60–67. http://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/djtech/article/view/96.%0A
Djemari Mardapi. 2012. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Nuha Medika
Firman, F., Muzita, F., & Ramadhani, I. A. (2020). Perancangan Sistem Informasi Evaluasi Prestasi Belajar Siswa Berbasis Web di SMK Negeri 3 Makassar. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 1(2), 19–29. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v1i2.482
Ganditama, (2014). Definisi Pre-test dan Post-Test. http:// ganditamadoc. blogspot.co.id/2014/03/definisi-pre-test-dan-post-test.html
Hidayatullah, Priyanto dan Jauhari, 2014. Pemograman Web. Bandung: Informatika, Bandung
Irham, A. S. (2006). Buku Pintar TOEFL. Yogyakarta.
Jaya, S. (2021). Perancangan Sistem Informasi Ujian Online Berbasis Website pada SD Integral Hidayatullah Depok. Swabumi, 9(2), 82–89. https://doi.org/10.31294/swabumi.v9i2.11131
Jogiyanto, HM.2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta : Andi Offset
Kurniawan, A., Ocviansyah, D. F., & Andriyanto, A. (2020). Sistem Ujian Berbasis Online. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 7(2), 43. https://doi.org/10.23887/jptm.v7i2.26493
Kurniawan, D., Andrian, R., & Ertina, L. (2014). Ujian Online. Jurnal Komputasi, 2, 36–40. http://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/viewFile/87/89%0Ahttps://stmikglobal.ac.id/journal/index.php/sisfotek/article/view/87
Lail, J., Ubaidillah, M., Moh, R., & Hendra, K. (2021). Jurnal Kecerdasan Buatan , Komputasi dan Teknologi Informasi Membangun Sistem Informasi Ujian Online berbasis Web pada MAN 1 Probolinggo menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL. 2(1), 52–61.
Mulyasa. (2008). Definisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli. https://himitsuqalbu.wordpress.com/2014/03/21/definisi-hasil-belajar-menurut-para-ahli
Sudjana, Nana (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Putra, Riyanto, Prilnali E. Putra, Hendi Indelarko. (2009). Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Dekstop dan Web. Yogyakarta: Gava Media
Rahmawanto, E., & Soyusiawaty, D. (2015). Sistem Informasi Ujian Mandiri Online Berbasis Web Di Smp N 1 Srandakan. JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal), 3(1), 80–88.
Rido, Ahmad. (2015). Perancangan Sistem Ujian Online Berbasis WEB Menggunakan PHP Dan MySQL Untuk Siswa SMK, Padang : Universitas Bung Hatta
Riyadi, A., Hermaliani, E. H., & Utami, D. Y. (2019). Pembuatan Aplikasi Sistem Ujian Online Pada Smk Garuda Nusantara Bekasi. Jurnal Ilmiah SINUS, 17(1), 23. https://doi.org/10.30646/sinus.v17i1.383
Saraswati, N. W. S., & Putra, D. M. D. U. (2015). Sistem Ujian Online Berbasis Website. S@Cies, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.31598/sacies.v6i1.78
Sidiq, A. B., & Kurniadi, D. (2021). Perancangan Sistem Informasi Ujian Online Berbasis Web pada SMK N 1 Solok. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(2), 44. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.111521
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sulisworo, D., Agustin, S. P., Iii, K., & Soepomo, J. P. (2017). Dampak Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Fisika Di Sekolah Kejuruan. Berkala Fisika Indonesia, 9(1), 1–7.
Suryo Guritno, Sudaryono, untung Rahardja. (2019). Theory and application of IT research, www.andipublisher.com Hal 301
Susilowati, E. B., & Ashari, A. (2013). Pengembangan Sistem Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web Studi Kasus : di SMA Negeri 1 Surakarta. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 7(2), 199. https://doi.org/10.22146/ijccs.3360
Sutrisno. (2020). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran online dengan google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 95–106.
Utama.A. (2019). Perancangan Sistem Ujian Online Berbasis Web (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cikarang Selatan, Bekasi). Jurnal Citra Widya Edukasi, XI(1), 22.