NILAI ISLAMI DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL DZIKIR- DZIKIR CINTA KARYA ANAM KHOIRUL ANAM DAN NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY: KAJIAN INTERTEKSTUAL
Kata Kunci:
nilai, Islami, pendidikan, novel, intertekstualAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai Islami, nilai pendidikan, persamaan dan perbedaan nilai Islami dan nilai pendidikan dalam novel Dzikir- dzikir Cinta dan Kembara Rindu. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu membaca novel, mencatat, dan mengklasifikasi data. Langkah analisis data dengan cara mengidentifikasi, menginterpretasi data, dan merumuskan kesimpulan dari analisis data. Nilai Islami pada kedua novel berkaitan dengan aqidah, syariah dan akhlak. Nilai pendidikan yang terdapat pada kedua novel yaitu pendidikan sekolah, keluarga dan masyarakat. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemahaman terhadap akidah, syariah dan akhlak untuk kedua novel memiliki persamaan, namun diwujudkan dalam bentuk yang berbeda. Sedangkan untuk nilai pendidikan kedua novel menerapkan pentingnya pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat berkolaborasi agar hasil pendidikan itu baik.Referensi
Dewi, Ni Putu Sintya dkk. 2020. Analisis Nilai
Pendidikan dalam Novel Sang Pemimpi Karya
Andrea Hirata. Jurnal JIPBSI (Jurnal Ilmiah
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Volume 1 Nomor 1 Desember 2020. Halaman
-30.
Moleong, J. Lexy. 2012. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Rosda.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi.
Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rahmawati, Ima Siti, Melani Lestari. Kajian
Intertekstual Film 5 cm dan Film Negeri Van
Oranje dan Implementasinya sebagai Bahan
Ajar Apresiasi Sastra di SMA. Jurnal Educatio
FKIP UNMA Volume 6, No. 2, Desember 2020.
Halaman 102-119
Suharso. 2018. Nilai- Nilai Islami dalam Novel Api
Tauhid Karya Habiburrahman El Shirazy:
Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Edukata, Vol. 5
No 1, Februari 2018. Halaman 89-103