NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MENDAYUNG IMPIAN KARYA REYHAN M. ABDURROHMAN, NOVEL 9 SUMMERS 10 AUTUMNS KARYA IWAN SETIAWAN, DAN NOVEL SUNRISE FOR SHAILA KARYA ERIE KHASSANDRA (KAJIAN INTERTEKSTUAL)

Penulis

  • Asri Febriyani
  • Asri Febriyani
  • Yetty Morelent
  • Syofiani .

Kata Kunci:

Nilai Pendidikan Karakter, Novel, Kajian Intertekstual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dan persamaan serta perbedaannya dalam novel Mendayung Impian karya Reyhan M. Abdurrohman, novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan dan novel Sunrise For Shaila karya Erie Khassandra dengan menggunakan kajian intertekstual. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil analisis data disimpulkan bahwa ketiga novel memiliki nilai pendidikan karakter yang dominan yaitu kerja keras, sahabat/komunikatif, rasa ingin tahu dan peduli sosial. Dalam interteks ketiga novel yaitu tokoh dan penokohan dalam novel Mendayung Impian berhipogram dan perluasana atau pengembangan pada novel 9 Summers 10 Autumns dan novel 9 Summers 10 Autumns berhipogram pada novel Sunrise For Shaila. Alur novel Mendayung Impian mempunyai alur yang sama dengan novel Sunrise For Shaila, sedangkan novel 9 Summers 10 Autumns terdapat perbedaan alur dengan novel Mendayung Impian dan Sunrise For Shaila. Latar yang terdapat pada ketiga novel ini berhipogram ekspanasi atau perluasan, pengembangan dari Indonesia yang dimulai dari Jakarta, Bandung, Kilamantan dan New York. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa ketiga novel ini memiliki hubungan yang bermakna atau berinterteks dari segi tema. Terdapat kesamaan tujuan pengarang untuk mengangkat masalah perjuangan yaitu meraih mimpi dalam menggapai cita-cita serta nilai pendidikan karakter dalam novel.

Referensi

Hasan, Said Hamid, dkk. 2010. Bahan Pelatihan

Penguatan Metodologi Pembelajaran

Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk

Membentuk Daya Saing dan Karakter

Bangsa, Pengembangan Pendidikan Budaya

dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian

Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan

Pengembangan Pusat Kurikulum.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muslich, Masnur. 2018. Pendidikan Karakter:

Menjawab Tantangan Multidimensional.

Jakarta: Bumi Aksara

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan

Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-05