PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS AKTIVITAS SISWA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN 19 PASAR AMBACANG

Penulis

  • Rahmi Anwar
  • Yetty Morelent
  • Joni Alfino

Kata Kunci:

Tematik, Aktivitas Siswa, Menulis Narasi

Abstrak

Penelitian bermula dari observasi ke SDN 19 Pasar Ambacang ditemukan rendahnya keterampilan menulis narasi siwa kelas IV SD. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan proses pengembangan dan produk pengembangan model pembelajaran tematik berbasis aktivitas siswa untuk peningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Teori utama pada penelitian ini adalah teori Rusman (2015), Nuruddin (2012) dan Madjid (2014). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D, yaitu pendefinisian (difine), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Model penelitian divalidasi oleh para ahli. Kepraktisan dan keefektifan model ditentukan hasil respon guru dan siswa serta analisis pelaksanaan dan hasil pembelajaran menggunakan model yang dirancang. Hasil penelitiannya, Pertama, tahap pendefinisian yaitu menganalisis kurikulum, kebutuhan, konsep, dan siswa. Tahap perancangan dilakukan perancangan kerangka dan penulisan kerangka model. Kedua, tahap pengembangan model didapatkan hasil validasi dari ahli sebesar 86,99% berkategori valid. Praktikalitas model berdasarkan respon praktisi ada dua yaitu; pertama, praktikalitas oleh guru sebesar 97,65% berkategori sangat praktis. Praktikalitas oleh siswa sebesar 99,28 % berkategori sangat praktis. Efektivitas model yang dikembangkan sebesar 84,79% berkategori efektif. Berdasarkan uraian analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tematik berbasis aktivitas siswa tergolong valid, praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD.

Referensi

Agusti, dkk. 2021. Peningkatan Kemampuan

Menulis Narasi Berbasis Pendekatan

Konstruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 5(2), 930-942

Madjid, A. 2014. Pembelajaran Tematik

Terpadu. Bandung: Rosda

Nurudin. 2012. Dasar-dasar Penulisan. Malang:

UMM Press.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu.

Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Press

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran

Inovatif-Progresif dan Kontekstual. Jakarta:

Prenadamedia Group

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-05