KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI KARAKTER DALAM NOVEL ORIGAMI HATI KARYA BOY CANDRA DAN NOVEL KAMU; KENANGAN TENTANG LUKA DAN CINTA KARYA ADELIANY AZFAR

Penulis

  • Hasmaruddin .
  • Yetty Morelent
  • Endut Ahadiat

Kata Kunci:

psikologis tokoh, tokoh utama, nilai karakter, novel

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan psikologis tokoh utama, id, ego, dan superego dalam novel Origami Hati karya Boy Candra dan novel Kamu; Kenangan tentang Luka dan Cinta karya Adeliany Azfar dan nilai karakter dalam novel Origami Hati karya Boy Candra dan novel Kamu; Kenangan tentang Cinta karya Adeliany Azfar. Teori yang digunakan yaitu Sigmund Freud (1900), Ratna Megawangi (2004), Syamsul Kurniawan (2017) dan Heri Gunawan (2012). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologis tokoh utama memiliki aspek, id, ego, dan superego. Psikologis tokoh utama dalam novel Origami Hati karya Boy Candra pada aspek id berusaha melepaskan rasa sakit atau kesedihan, aspek ego berjalan melalui proses realistik dengan mengikuti keiginan id, dan aspek superego menjalankan nilai moral yang ditanamkan oleh orang tuanya. Psikologis tokoh utama dalam novel Kamu; Kenangan tentang Luka dan Cinta karya Adeliany Azfar pada aspek id mendorong tokoh utama kuat menghadapi permasalah hidup, aspek ego merupaya melepaskan ketegangan dalam diri tokoh utama, dan aspek superego mendorong untuk patuh terhadap keinginan orang tua. Nilai karakter yang terdapat novel Origami Hati karya Boy Candra ditemukan nilai karakter, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin, tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, dan santun. Sedangkan dalam novel Kamu Kenangan Luka dan Cinta karya Adeliany Azfar juga memuat nilai karakter, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, dan santun.

Referensi

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep

dan Implementasi. Bandung:

Alfabeta.

Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter:

Konsepsi dan Implementasinya secara

Terpadu di Lingkungan keluarga,

Sekolah, perguruan Tinggi, dan

masyarakat. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter:

solusi yang tepat untuk membangun

bangsa.Jakarta:Indonesia Heritage

Fondation

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian

Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Morelent, Yetty, dkk. 2015. “Pengaruh Penerapan

Kurikulum 2013 Terhadap pembentukan

Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05

Percobaan Pintu Kebun Bukittinggi.”.

Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra

Indonesia. 2015. Vol. 1, I. 2. Hal 141-

Siswantoro. 2005. Metode Penelitian

Sastra:AnalisisPsikologis. Surakarta:

Muhamadiyah Universy Press

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-05