PENGEMBANGAN E-MODUL DASAR ELEKTRONIKA BERORIENTASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL
Kata Kunci:
E-Modul, Dasar Elektronika, STEM, Flip PDF ProfessionalAbstrak
Dalam dunia pendidikan, perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif.. Tetapi walaupun dunia pendidikan telah berkembang sangat baik dari waktu ke waktu, kemajuan ini tidak didukung dengan tersedianya media pembelajaran yang bisa selaras mengikuti perubahan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Digital (E-Modul) berorientasi STEM pada mata kuliah Dasar Elektronika yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D (Four D) tetapi pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada 3D . Sampel penelitian adalah mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Dasar Elektronika berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian terdiri dari angket validitas dan angket praktikalitas. Tahap uji validitas E-Modul dilakukan oleh dua validator, yaitu validator materi dan validator desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas E-Modul sebesar 92% dengan kategori sangat valid, sedangkan nilai praktikalitas sebesar 84% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa E-Modul Dasar Elektronika berorientasi STEM sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.Referensi
Selwyn, Neil. 2011. Education and
Technology Key Issues and
Debates. India : Replika Press
Pvt Ltd.
Fitriah, Dhia dan Meggie Ullyah
Mirianda. 2019. Kesiapan Guru
Dalam Menghadapi Tantangan
Pendidikan Berbasis Teknologi.
Jurnal Universitas PGRI
Palembang.
Nopilda, L., dan Kristiawan, M. 2018.
Gerakan Literasi Sekolah
Berbasis Pembelajaran
Multiliterasi Sebuah Paradigma
Pendidikan Abad Ke-21.
JMKSP (Jurnal Manajemen,
Kepemimpinan, dan Supervisi
Pendidikan), 3(2).
Daryanto. 2013. Menyusun Modul:
Bahan Ajar Untuk Persiapan
Guru Dalam Mengajar.
Yogyakarta: Gava Media.
Rusman. 2011. Model-Model
Pembelajaran
Mengembangkan
Profesionalisme Guru. Jakarta :
Rajawali Pers.
Suarsana, I M dan G.A. Mahayukti.
Pengembangan E-Modul
Berorientasi Pemecahan
Masalah Untuk Meningkatkan
Keterampilan Berpikir Kritis
Mahasiswa. Jurnal Pendidikan
Indonesia, 2 (2).