PENGEMBANGAN E-MODUL DASAR ELEKTRONIKA BERORIENTASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL

Penulis

  • Adam Putra Nanda Gultom
  • Ade Fitri Rahmadani

Kata Kunci:

E-Modul, Dasar Elektronika, STEM, Flip PDF Professional

Abstrak

Dalam dunia pendidikan, perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif.. Tetapi walaupun dunia pendidikan telah berkembang sangat baik dari waktu ke waktu, kemajuan ini tidak didukung dengan tersedianya media pembelajaran yang bisa selaras mengikuti perubahan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Digital (E-Modul) berorientasi STEM pada mata kuliah Dasar Elektronika yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D (Four D) tetapi pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada 3D . Sampel penelitian adalah mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Dasar Elektronika berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian terdiri dari angket validitas dan angket praktikalitas. Tahap uji validitas E-Modul dilakukan oleh dua validator, yaitu validator materi dan validator desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas E-Modul sebesar 92% dengan kategori sangat valid, sedangkan nilai praktikalitas sebesar 84% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa E-Modul Dasar Elektronika berorientasi STEM sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Referensi

Selwyn, Neil. 2011. Education and

Technology Key Issues and

Debates. India : Replika Press

Pvt Ltd.

Fitriah, Dhia dan Meggie Ullyah

Mirianda. 2019. Kesiapan Guru

Dalam Menghadapi Tantangan

Pendidikan Berbasis Teknologi.

Jurnal Universitas PGRI

Palembang.

Nopilda, L., dan Kristiawan, M. 2018.

Gerakan Literasi Sekolah

Berbasis Pembelajaran

Multiliterasi Sebuah Paradigma

Pendidikan Abad Ke-21.

JMKSP (Jurnal Manajemen,

Kepemimpinan, dan Supervisi

Pendidikan), 3(2).

Daryanto. 2013. Menyusun Modul:

Bahan Ajar Untuk Persiapan

Guru Dalam Mengajar.

Yogyakarta: Gava Media.

Rusman. 2011. Model-Model

Pembelajaran

Mengembangkan

Profesionalisme Guru. Jakarta :

Rajawali Pers.

Suarsana, I M dan G.A. Mahayukti.

Pengembangan E-Modul

Berorientasi Pemecahan

Masalah Untuk Meningkatkan

Keterampilan Berpikir Kritis

Mahasiswa. Jurnal Pendidikan

Indonesia, 2 (2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-08