EFEKTIVITAS UMPAN BALIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X MIPA DI SMAN 1 PAYAKUMBUH

Penulis

  • Yasa Saputri Agustin
  • Lisa Deswati

Kata Kunci:

Pembelaran kooperatif, Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil belajar, Umpan balik

Abstrak

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Student Tim Achievement Division (STAD) yang diberi umpan balik dan hasil belajar yang tidak diberi umpan balik, untuk melihat efektivitas penerapan umpan balik dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas X MIPA SMA N 1 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA di SMA N 1 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 288 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kemudian dilakukan random dan terpilih kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 84,44, dan 73,89 pada kelas kontrol, dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh ttabel = 1,997 dan thitung = 4,409. Hal ini berarti thitung > ttabel dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan. Dapat disimpulkan, bahwa penerapan umpan balik dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif digunakan dibandingkan dengan tidak diterapkan umpan balik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar

Referensi

Damayanti, M. (2016). Pengaruh Pemberian

Tugas Terstruktur dengan Umpan Balik

Individual Terhadap Hasil Belajar Siswa. In

Januari (Vol. 2, Issue 1).

Irmasuriani (2018). Upaya Meningkatan Hasil

Belajar Fisika Melalui Pemberian Umpan Balik

Dalam Diskusi Kelompok. Jurnal Vidya Karya.

(2).

Kristin, Firosalia. (2016). Efektifitas Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau

Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Jurnal

Scholaria, 6 (2). Hal 74-79.

Ernawati, Tri, M.S. (2020). Penggunaan

Teknik Umpan Balik dalam Pembelajaran

Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah

Bulukumba. Jurnal Sang Pencerah. 6 (2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-07