EFEKTIVITAS UMPAN BALIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X MIPA DI SMAN 1 PAYAKUMBUH
Kata Kunci:
Pembelaran kooperatif, Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil belajar, Umpan balikAbstrak
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Student Tim Achievement Division (STAD) yang diberi umpan balik dan hasil belajar yang tidak diberi umpan balik, untuk melihat efektivitas penerapan umpan balik dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas X MIPA SMA N 1 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA di SMA N 1 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 288 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kemudian dilakukan random dan terpilih kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 84,44, dan 73,89 pada kelas kontrol, dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh ttabel = 1,997 dan thitung = 4,409. Hal ini berarti thitung > ttabel dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan. Dapat disimpulkan, bahwa penerapan umpan balik dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif digunakan dibandingkan dengan tidak diterapkan umpan balik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajarReferensi
Damayanti, M. (2016). Pengaruh Pemberian
Tugas Terstruktur dengan Umpan Balik
Individual Terhadap Hasil Belajar Siswa. In
Januari (Vol. 2, Issue 1).
Irmasuriani (2018). Upaya Meningkatan Hasil
Belajar Fisika Melalui Pemberian Umpan Balik
Dalam Diskusi Kelompok. Jurnal Vidya Karya.
(2).
Kristin, Firosalia. (2016). Efektifitas Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau
Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Jurnal
Scholaria, 6 (2). Hal 74-79.
Ernawati, Tri, M.S. (2020). Penggunaan
Teknik Umpan Balik dalam Pembelajaran
Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah
Bulukumba. Jurnal Sang Pencerah. 6 (2).
##submission.downloads##
Diterbitkan
2023-03-07
Terbitan
Bagian
Executive Summery