ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 13 NUANSA MERDEKA PADA SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 PAYAKUMBUH MATA PELAJARAN BIOLOGI
Kata Kunci:
Kurikulum 13, Nuansa merdeka, hasil belajar biologiAbstrak
Penerapan kurikulum merdeka di SMAN 1 Payakumbuh masih menggunaan kurikulum 2013, namun dengan prinsip merdeka. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, pemahaman dan kesiapan peserta didik terhadap pelaksanaan kurikulum 13 nuansa merdeka, serta hubungannya dengan hasil belajar biologi siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian sebesar 286 siswa kelas X MIPA yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023, dengan sampel 166 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan rendahnya tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap pelaksanaan kurikulum 13 nuansa merdeka, sedangkan kesiapan siswa berada pada kategori tidak baik dan cukup berdasarkan derajat pencapaian pada masing-masing variabel. Pelaksanaan kurikulum 13 nuansa merdeka tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa berdasarkan nilai uji t yang diperoleh. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum 13 nuansa merdeka di SMAN 1 PayakumbuhReferensi
Anwar, A., Sukino, S., & Erwin, E. (2022).
Komparasi Penerapan Kurikulum Merdeka Dan
K-13 di Sma Abdussalam. Jurnal Pendidikan
Dasar dan Sosial Humaniora, 2(1), 83-96.
Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan
Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam
Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka
Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran
/2022. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi
Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92-106.
Sari, R. T. (2017). Uji validitas modul
pembelajaran Biologi pada materi Sistem
Reproduksi Manusia melalui pendekatan
Konstruktivisme untuk kelas IX Smp. Scientiae
Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 22-26.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2023-03-08
Terbitan
Bagian
Executive Summery