PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 LUHAK NAN DUO

Penulis

  • Jihan Chairunisa
  • Erman Har

Kata Kunci:

Pembelajaran biologi, Problem Based Learning, Think-Talk-Write, hasil belajar biologi

Abstrak

Pembelajaran biologi siswa di SMAN 1 Luhak Nan Duo menggunakan model Problem Based Learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, pemahaman dan kesiapan peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran biologi dengan model pembelajaran, serta hubungannya dengan hasil belajar biologi siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian sebesar 127 siswa kelas XI MIPA yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023, dengan sampel 99 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rendahnya tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran biologi dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Think- Talk-Write, sedangkan kesiapan siswa berada pada kategori tidak baik dan cukup berdasarkan derajat pencapaian pada masing-masing variabel. Pelaksanaan pembelajaran biologi dengan kedua model pembelajaran tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa berdasarkan nilai uji-t yang diperoleh. oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pembelajaran biologi dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Think-Talk-Write di SMAN 1 Luhak Nan Duo.

Referensi

Lufri. 2010. Strategi Pembelajaran Biologi

Teori., Praktik Dan Penelitian. Padang ׃

UNP Press.

Tan, O.S. (2003). Problem based learning

innovation׃ Using Problems to power

learning in the 21st century. Singapore׃

Cengange Learning

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-09