TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 PADANG

Penulis

  • Elsa Wika Yuliantina
  • Yetty Morelent

Kata Kunci:

tindak tutur, direktif, siswa, SMP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori tindak tutur direktf oleh Syahrul(2008:33) mengutip pendapat Bech dan Harnish. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Padang . Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia ketika melakukan interaksi tindak tutur dalam kelas saat proses pembelajaran siswa kelas VII. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) menstranskripsikan dan mengklasifikasikan secara keseluruhan bentuk tindak tutur guru Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran, (2) menganalisis bentuk tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran, (3) menginterprestasikan data yang telah ditemukan, dan (4) menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Tindak tutur direktif bahasa Indonesia menjadi salah satu tindak tutur yang berpotensi besar digunakan saat proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan 120 tuturan yang ditemukan pada kegiatan belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Tindak tutur direktif yang terdiri dari enam jenis (1) permintaan, diperoleh sebanyak 17 data, (2) pertanyaan diperoleh 51 data, (3) persyaratan 35 data, (4) larangan, diperoleh 2 data, (5) pengizinan diperoleh 3 data (6) nasihat diperoleh 12 data. Dengan demikian, disimpulkan bahwa tindak tutur guru yang banyak ditemukan adalah tindak tutur direktif pertanyaan, karena guru sering bertanya perihal sesuatu yang berkaitan dengan pelajaran bahasa Indonesia.

Referensi

Moleong, Lexy J. 2012.

Metodologi Penelitian Kualitatif.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

R, Syahrul. 2008. Pragmatik

Kesantunan Berbahasa. Padang:

UNP Press Padang.

Subana dan Sunarti. 2011. Strategi

Belajar Mengajar Bahasa

Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-10