ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR

Penulis

  • Vendry Geraldine Kurniawan
  • Rona Taula Sari

Kata Kunci:

kurikulum merdeka, pelaksanaan kurikulum merdeka, biologi

Abstrak

Pelaksanaan kurikulum di SMA Negeri 1 Pariangan mulai pada tahun ajaran 2022/2023 pada kelas X sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 1 Pariangan, Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 233 siswa kelas X yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2022/2023, dengan sampel sebanyak 147 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran biologi kelas X SMA Negeri 1 Pariangan berada pada kategori baik dengan nilai hasil derajat pencapaian sebesar 3.06. Hasil ini juga diperkuat dengan tingkat pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Pariangan mendapatkan nilai rata-rata indikator secara keseluruhan sebesar 3.73 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Dalam pelaksanaannya, disarankan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan sosialisasi terkait kurikulum merdeka bagi tenaga pendidik maupun peserta didik.

Referensi

Abdullah, A. (2017). Kurikulum

Pendidikan di Indonesia Sepanjang

Sejarah. Jurnal Pendidikan dan

Kebudayaan.

Rahimah, R. (2022). Peningkatan

Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota

Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul

Ajar Kurikulum Merdeka Melalui

Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran

/2022. ANSIRU PAI :

Pengembangan Profesi Guru

Pendidikan Agama Islam, 6(1),92-106.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-04