PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA MAN KOTA SOLOK

Penulis

  • Suci Indah Putri
  • Erma Har

Kata Kunci:

NHT, Hasil Belajar, Biologi, Model Pembelajaran, Sistem Regulasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar biologi antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan Pembelajaran konvesional siswa kelas XI MIPA MAN Kota Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yang terdiri atas 2 kelas. teknik pengumpulan data melalui pemberian posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada penilaian kognitif memiliki nilai rata-rata 73,14 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 42,86 %, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional memiliki 67,14 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 34,29 %. Berdasarkan Hasil perhitungan dengan SPSS 27 menggunakan uji Mann Whitney diperoleh hasil Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,097 < 0,05. Melalui data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dengan Model Pembelajaran Konvensional kelas XI MIPA MAN Kota Solok.

Referensi

Latif, N. A. R. 2021. Efektifitas Model

Pembelajaran Kooperaif Tipe Number Head

Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas

XI IPA Di SMAN 2 Luwu (Doctoral

dissertation, Universitas Cikroaminato Palopo).

Jumadi. 2017. Model-Model Pembelajaran

Kelompok Sistem Perilaku. Pendidikan Fisika C

S2: Universitas Negeri Yogyakarta.

Huda, M. 2015. Cooperative Learning : Metode,

Teknik, Struktur, dan Model Penerapan,

Yogyakarta : Pustakab Belajar

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran

Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Ar-Ruzz Media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-04