DAMPAKxPEMBELAJARANxPPKnxTERHADAPxMINATxSISWAxPADAxISUxPENTING KEBANGSAANxDANxKENEGARAANxDIxMEDIAxSOSIAL
Kata Kunci:
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Minat Siswa, Isu Kebangsaan, Isu Kenegaraan, Media Sosial.Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya dampak negatif media sosial yang dirasakan akibat kebebasan menggunakan media sosial, misalnya anak-anak sudah bisa mengakses pornografi yang berakibat pada pergaulan bebas. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak pembelajaran PPKn terhadap minat siswa kelas XI SMAN 2 Solok terhadap isu penting kebangsaan dan kenegaraan di media sosial. Jenis studi ini ialah riset kuantitatif melalui pendekatan deskriptif. Informasi terkumpul melalui penggunaan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Prosedur analisis data digunakan untuk menguji normalitas serta menjalankan uji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t, menunjukkan thitung>ttabel dengan nilai thitung 19,462 dan nilai ttabel sebesar 1,96 pada tingkat signifikansi 0,025, artinya pembelajaran PPKn berdampak terhadap minat siswa pada isu penting kebangsaan dan kenegaraan di media sosial sebesar 54,9 %. Selanjutnya uji t, menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan nilai thitung 6,968 dan nilai ttabel sebesar 1,96 pada taraf nyata signifikan 0,025, artinya gambaran minat siswa kelas XI SMAN 2 Solok terhadap isu penting kebangsaan dan kenegaraan di media sosial sebesar 23,8%.Referensi
P. Utomo and I. Alawiyah, “JPE : Journal of
Primary Education,” J. Prim. Educ., vol. 2, no.
, pp. 1–9, 2022.
H. S. Harefa, S. N. Sari, and N. Hia,
“Sosialisasi Literasi Informasi Sebagai Upaya
Peningkatan Minat Baca Di Kalangan Anak-
Anak Pada Taman Bacaan Masyarakat ( TBM
) Literasi Informasi,” Abdimas Mutiara, vol. 3,
no. 1, pp. 181–187, 2022.
A. Siregar, “Mimbar Kampius: Jurnal
Pendidikan dan Agama Islam,” Mimb. Kampus
J. Pendidik. dan Agama Islam, vol. Volume
, no. Nomor 2, pp. 96–103, 2022, doi:
17467/mk.v22i1.1855.
G. P. U. Putra, H. Mahfud, and D. Y. Saputri,
“Profil pendidikan karakter dalam
pembelajaran pendidikan pancasila dan
kewarganegaraan (ppkn) materi simbol-simbol
pancasila kelas IV di SD,” Didakt. Dwija
Indria, [Online]. Available:
https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/5011
%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/vie
wFile/50116/35249.
A. N. subarkah, Feniawati Darmana,
“Pengaruh pembelajaran,” J. Pendidik.
hukum,politik,dan kewarganegaraan, vol. 4,
D. Prayogi, I. Purnamaningsih, A. D.-J.
Pendidikan, and U. 2022, “Survei Minat
Belajar PJOK pada Masa Pandemi dengan
Model Blended Learning di SMAN 1
Rawamerta,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6,
no. 2, pp. 15904–15912, 2018, [Online].
Available:
https://www.jptam.org/index.php/jptam/article
/view/4897.
K. J. Rajagukguk, R. Rulinawaty, and F.
Madya, “Strategi Pengembangan Empat Pilar
Kebangsaan Terhadap Penyelenggaraan
Pemerintah Daerah dan Generasi Bangsa
Indonesia di Provinsi Sumatera Utara,” Ideas
J. Pendidikan, Sos. dan Budaya, vol. 8, no. 3,
p. 773, 2022, doi: 10.32884/ideas.v8i3.927.
R. Cahyadi, “Pendidikan Wawasan
Kebangsaan dan Demokrasi bagi Pelajar dan
Mahasiswa di Kota Bandar Lampung dalam
Membangun Semangat Nasionalisme dan
Demokrasi,” vol. 3, no. 1, pp. 35–48, 2022.
P. I. Mahendra and O. A. Ismail, “Pengaruh
Terpaan Pemberitaan Pandemi Covid-19 Di
Instagram Terhadap Motivasi Masyarakat
Kota Bandung Untuk Melakukan Vaksinasi
The Effect Of Exposure To The Covid-19
Pandemic News On Instagram On The
Motivation Of The People Of The City Of
Bandung To Vacc,” vol. 8, no. 6, pp. 3627–
, 2022.
E. Yuhandra, S. Akhmaddhian, A.
Fathanudien, and T. Tendiyanto, “Penyuluhan
hukum tentang dampak positif dan negatif
penggunaan gadget dan media sosial,” J.
Pengabdi. Masy., vol. 04, no. 01, pp. 78–84,
F. Fitriansyah Program Studi Penyiaran
Akademi Komunikasi BSI Jakarta and C.
Sitasi, “Efek Komunikasi Massa Pada
Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media
Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja),