DAMPAKxPEMBELAJARANxPPKnxTERHADAPxMINATxSISWAxPADAxISUxPENTING KEBANGSAANxDANxKENEGARAANxDIxMEDIAxSOSIAL

Penulis

  • Siti Sarah
  • M. Nursi

Kata Kunci:

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Minat Siswa, Isu Kebangsaan, Isu Kenegaraan, Media Sosial.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya dampak negatif media sosial yang dirasakan akibat kebebasan menggunakan media sosial, misalnya anak-anak sudah bisa mengakses pornografi yang berakibat pada pergaulan bebas. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak pembelajaran PPKn terhadap minat siswa kelas XI SMAN 2 Solok terhadap isu penting kebangsaan dan kenegaraan di media sosial. Jenis studi ini ialah riset kuantitatif melalui pendekatan deskriptif. Informasi terkumpul melalui penggunaan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Prosedur analisis data digunakan untuk menguji normalitas serta menjalankan uji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t, menunjukkan thitung>ttabel dengan nilai thitung 19,462 dan nilai ttabel sebesar 1,96 pada tingkat signifikansi 0,025, artinya pembelajaran PPKn berdampak terhadap minat siswa pada isu penting kebangsaan dan kenegaraan di media sosial sebesar 54,9 %. Selanjutnya uji t, menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan nilai thitung 6,968 dan nilai ttabel sebesar 1,96 pada taraf nyata signifikan 0,025, artinya gambaran minat siswa kelas XI SMAN 2 Solok terhadap isu penting kebangsaan dan kenegaraan di media sosial sebesar 23,8%.

Referensi

P. Utomo and I. Alawiyah, “JPE : Journal of

Primary Education,” J. Prim. Educ., vol. 2, no.

, pp. 1–9, 2022.

H. S. Harefa, S. N. Sari, and N. Hia,

“Sosialisasi Literasi Informasi Sebagai Upaya

Peningkatan Minat Baca Di Kalangan Anak-

Anak Pada Taman Bacaan Masyarakat ( TBM

) Literasi Informasi,” Abdimas Mutiara, vol. 3,

no. 1, pp. 181–187, 2022.

A. Siregar, “Mimbar Kampius: Jurnal

Pendidikan dan Agama Islam,” Mimb. Kampus

J. Pendidik. dan Agama Islam, vol. Volume

, no. Nomor 2, pp. 96–103, 2022, doi:

17467/mk.v22i1.1855.

G. P. U. Putra, H. Mahfud, and D. Y. Saputri,

“Profil pendidikan karakter dalam

pembelajaran pendidikan pancasila dan

kewarganegaraan (ppkn) materi simbol-simbol

pancasila kelas IV di SD,” Didakt. Dwija

Indria, [Online]. Available:

https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/5011

%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/vie

wFile/50116/35249.

A. N. subarkah, Feniawati Darmana,

“Pengaruh pembelajaran,” J. Pendidik.

hukum,politik,dan kewarganegaraan, vol. 4,

D. Prayogi, I. Purnamaningsih, A. D.-J.

Pendidikan, and U. 2022, “Survei Minat

Belajar PJOK pada Masa Pandemi dengan

Model Blended Learning di SMAN 1

Rawamerta,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6,

no. 2, pp. 15904–15912, 2018, [Online].

Available:

https://www.jptam.org/index.php/jptam/article

/view/4897.

K. J. Rajagukguk, R. Rulinawaty, and F.

Madya, “Strategi Pengembangan Empat Pilar

Kebangsaan Terhadap Penyelenggaraan

Pemerintah Daerah dan Generasi Bangsa

Indonesia di Provinsi Sumatera Utara,” Ideas

J. Pendidikan, Sos. dan Budaya, vol. 8, no. 3,

p. 773, 2022, doi: 10.32884/ideas.v8i3.927.

R. Cahyadi, “Pendidikan Wawasan

Kebangsaan dan Demokrasi bagi Pelajar dan

Mahasiswa di Kota Bandar Lampung dalam

Membangun Semangat Nasionalisme dan

Demokrasi,” vol. 3, no. 1, pp. 35–48, 2022.

P. I. Mahendra and O. A. Ismail, “Pengaruh

Terpaan Pemberitaan Pandemi Covid-19 Di

Instagram Terhadap Motivasi Masyarakat

Kota Bandung Untuk Melakukan Vaksinasi

The Effect Of Exposure To The Covid-19

Pandemic News On Instagram On The

Motivation Of The People Of The City Of

Bandung To Vacc,” vol. 8, no. 6, pp. 3627–

, 2022.

E. Yuhandra, S. Akhmaddhian, A.

Fathanudien, and T. Tendiyanto, “Penyuluhan

hukum tentang dampak positif dan negatif

penggunaan gadget dan media sosial,” J.

Pengabdi. Masy., vol. 04, no. 01, pp. 78–84,

F. Fitriansyah Program Studi Penyiaran

Akademi Komunikasi BSI Jakarta and C.

Sitasi, “Efek Komunikasi Massa Pada

Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media

Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja),

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-05