PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK SMP N 1 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA
Kata Kunci:
Peran Guru PPKn, Kedisplinan Peserta Didik, PPKnAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi melihat adanya masalah yang terdapat di sekolah kurangnya kedisiplinan bagi peserta didik, adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kedisiplinan dan upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah dan untuk melihat peran guru dalam meningkatkan kedispinan siswa SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya, Tingginya tingkat kedisiplinan peserta didik SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya, disebabkan karena tingginya motivasi yang diberikan pendidik terhadap peserta didik tentang pentingnya kedisiplinan. Selain itu adanya pemberian sanksi terhadap peserta didik yang melakukan pelanggaran atau tidak mematuhi tata tertib juga menjadi faktor pendorong peserta didik agar senantiasa menanamkan sikap disiplin. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya, sudah cukup baik namun masih tetap perlu diadakan upaya peningkatan karena berbagai pelanggaran tata tertib peserta didik masih ada walaupun hanya merupakan pelanggaran kecil.(2) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya adalah dengan cara dibimbing. Bimbingan merupakan sebuah bentuk layanan yang bisa diterapkan pada pembelajaran PPKn dan lebih di optimalkan. Berdasarkan data tersebut dapat dapat disimpulkan bahwa Kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya termasuk kategori Baik atau Layak.Referensi
Pebriyenni, P., Muslim, M., & Sumarni, S.
(2021). Validity of Assessment Instruments
Based on Higher-Order Thinking Skill on
Learning Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Budapest International
Research and Critics Institute (BIRCI-Journal):
Humanities and Social Sciences, 4(4), 9772-
Mursalin, & Sulaiman, N. (2017). peran guru
dalam pelaksanaan manajemen kelas di gugus
bungong seulangakecamatan syiah kualakota
banda aceh. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru
Sekolah Dasar FKIP Unsyiah (Vol. 2, Issue 1).
Ikhsan, Mumad Gian (2013) Peran Guru PKn
dalam Upaya Meningkatkan disiplin siswa di
Sekolah. Jurnal Repository UPI The Education
University
Abdillah, F. (2018). Mendidik Warga
Negara Indonesia Di Sekolah Dasar:
Perspektif Guru. Jurnal Inspirasi Pendidikan,
(2), 60-67
Agustina. R. (2017). Peran Guru sebagai
Fasilitator dalam Proses Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1
Wonosobo Kabupaten Tanggamus (Doctoral
dissertation, UIN Raden Intan Lampung)
Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E.
(2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam
Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. De Cive:
Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan
Kewarganegaraan.
Arikunto, 2002. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif
Naim, Ngainun. (2015) Character Building
Optimalisasi Peran Pendidikan dalam
Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter
Bangsa. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E.
(2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam
Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. De Cive
: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan
Kewarganegaraan, 1(1), 13– 18.
Rachnawati Tutik. 2015 Teori Belajar dan
Proses Pembelajaran yang Mendidik.
Yogyakarta: Gava Media
. Sugiyono. (2006). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta
. Saylendra, N. P., & Danial, E. (2015).
Implementasi Pendekatan Saintifik Dan
Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran
Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Di Sman 7 Bogor. Jurnal Ilmiah Mimbar
Demokrasi, 15(1), 17– 41
. Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14
Tahun 2005. Jakarta: Penerbit Sinar Grafika
. Shoimin, Ari. 2014. Guru Berkarakter Untuk
Implementasi Pendidikan Karakter. Yoyakarta
.Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan
Karakter. Jakarta: Bumi Aksara Penerbit PT.
Rineka Cipta : Jakarta