PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK SMP N 1 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA

Penulis

  • Dina Ramadianti Pratiwi
  • Muslim .

Kata Kunci:

Peran Guru PPKn, Kedisplinan Peserta Didik, PPKn

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi melihat adanya masalah yang terdapat di sekolah kurangnya kedisiplinan bagi peserta didik, adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kedisiplinan dan upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah dan untuk melihat peran guru dalam meningkatkan kedispinan siswa SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya, Tingginya tingkat kedisiplinan peserta didik SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya, disebabkan karena tingginya motivasi yang diberikan pendidik terhadap peserta didik tentang pentingnya kedisiplinan. Selain itu adanya pemberian sanksi terhadap peserta didik yang melakukan pelanggaran atau tidak mematuhi tata tertib juga menjadi faktor pendorong peserta didik agar senantiasa menanamkan sikap disiplin. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya, sudah cukup baik namun masih tetap perlu diadakan upaya peningkatan karena berbagai pelanggaran tata tertib peserta didik masih ada walaupun hanya merupakan pelanggaran kecil.(2) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya adalah dengan cara dibimbing. Bimbingan merupakan sebuah bentuk layanan yang bisa diterapkan pada pembelajaran PPKn dan lebih di optimalkan. Berdasarkan data tersebut dapat dapat disimpulkan bahwa Kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya termasuk kategori Baik atau Layak.

Referensi

Pebriyenni, P., Muslim, M., & Sumarni, S.

(2021). Validity of Assessment Instruments

Based on Higher-Order Thinking Skill on

Learning Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan. Budapest International

Research and Critics Institute (BIRCI-Journal):

Humanities and Social Sciences, 4(4), 9772-

Mursalin, & Sulaiman, N. (2017). peran guru

dalam pelaksanaan manajemen kelas di gugus

bungong seulangakecamatan syiah kualakota

banda aceh. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru

Sekolah Dasar FKIP Unsyiah (Vol. 2, Issue 1).

Ikhsan, Mumad Gian (2013) Peran Guru PKn

dalam Upaya Meningkatkan disiplin siswa di

Sekolah. Jurnal Repository UPI The Education

University

Abdillah, F. (2018). Mendidik Warga

Negara Indonesia Di Sekolah Dasar:

Perspektif Guru. Jurnal Inspirasi Pendidikan,

(2), 60-67

Agustina. R. (2017). Peran Guru sebagai

Fasilitator dalam Proses Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1

Wonosobo Kabupaten Tanggamus (Doctoral

dissertation, UIN Raden Intan Lampung)

Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E.

(2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam

Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. De Cive:

Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan

Kewarganegaraan.

Arikunto, 2002. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif

Naim, Ngainun. (2015) Character Building

Optimalisasi Peran Pendidikan dalam

Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter

Bangsa. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Novianti, E., Firmansyah, Y., & Susanto, E.

(2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam

Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. De Cive

: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan

Kewarganegaraan, 1(1), 13– 18.

Rachnawati Tutik. 2015 Teori Belajar dan

Proses Pembelajaran yang Mendidik.

Yogyakarta: Gava Media

. Sugiyono. (2006). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta

. Saylendra, N. P., & Danial, E. (2015).

Implementasi Pendekatan Saintifik Dan

Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Di Sman 7 Bogor. Jurnal Ilmiah Mimbar

Demokrasi, 15(1), 17– 41

. Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14

Tahun 2005. Jakarta: Penerbit Sinar Grafika

. Shoimin, Ari. 2014. Guru Berkarakter Untuk

Implementasi Pendidikan Karakter. Yoyakarta

.Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan

Karakter. Jakarta: Bumi Aksara Penerbit PT.

Rineka Cipta : Jakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-05