PERWUJUDAN SEKOLAH RAMAH ANAK UNTUK MELINDUNGI HAK SISWA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN SMKN 1 RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU
Kata Kunci:
Sekolah Ramah Anak , Hak Siswa, Pelecehan seksualAbstrak
Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan program Sekolah Ramah Anak serta ketersediaan sarana dan prasarana untuk mewujudkannya sebagai upaya pencegahan pelecehan seksual di SMKN 1 Rambah. Jenis penelitian ini ialah dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Hasil penelitian yaitu pendidik dan tenaga kependidikan sudah mengikuti pelatihan Sekolah Ramah Anak dan sarana dan prasarana untuk mewujudkannya sudah memadai. Kesimpulannya adalah Pendidik dan tenaga kependidikan telah siap untuk menjadi bagian dari sekolah ramah anak yang bebas dari kekerasan serta pelecehan seksual dan berupaya untuk memenuhi persyaratan sebagai sekolah ramah anak meski ada beberapa aspek yang perlu diperbaikiReferensi
M. F. Fathan and S. Widiansyah, “Peran
Sekolah Ramah Anak dalam Melindungi Anak
dari Kekerasan Gender Berbasis Online di
Masa Pandemi,” Educenter J. Ilm. Pendidik.,
U. Zahirah, N. Nurwati, and H. Krisnani,
“DAMPAK DAN PENANGANAN
KEKERASAN SEKSUAL ANAK DI
KELUARGA,” Pros. Penelit. dan Pengabdi.
Kpd. Masy., 2019, doi:
24198/jppm.v6i1.21793.
P. W. Agustina and A. Kusumaning Ratri,
“Analisis Tindak Kekerasan Seksual Pada
Anak Sekolah Dasar,” J. Kaji. Teor. dan
Prakt. Kependidikan, 2018.
F. L. Sitanggang and P. Sumaryanto, “Upaya
Guru Mencegah Perilaku Kejahatan Seksual
Melalui Penerapan Pendidikan Seks Pada
Anak Usia Dini di PAUD Rajawali Ende
Kecamatan Tanjung Priok Kelurahan Tanjung
Priok,” J. Pendidik., 2018.
P. M. Jannah, “Pelecehan Seksual, Seksisme
dan Bystander,” PsikobuletinBuletin Ilm.
Psikol., 2021, doi: 10.24014/pib.v2i1.12023.
A. Sulistiyowati, A. Matulessy, and H.
Pratikto, “Psikoedukasi Seks: Meningkatkan
pengetahuan untuk Mencegah Pelecehan
Seksual pada Anak Prasekolah,” J. Ilm. Psikol.
Terap., 2018.
L. Nuraeni, A. Andrisyah, and R. Nurunnisa,
“Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak
dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia
Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini,
, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.204.
N. Tresiana, N. Duadji, T. Fahmi, and R. D.
Putri, “Pelatihan Mendesain Kebijakan dan
Strategi Sekolah Ramah Anak pada Satuan
Pendidikan,” Sakai Sambayan J. Pengabdi.
Kpd. Masy., 2018, doi: 10.23960/jss.v2i1.48.
M. W. Sari, D. N. Adhani, and M. B. Karim,
“Peran Guru dalam Penerapan Sekolah Ramah
Anak di TK YKK 1 Bangkalan,” J. PG-PAUD
Trunojoyo J. Pendidik. dan Pembelajaran
Anak Usia Dini, 2021, doi:
21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9088.
S. R. Rangkuti and I. R. Maksum,
“Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah
Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak
di Kota Depok,” Publik (Jurnal Ilmu Adm.,
, doi: 10.31314/pjia.8.1.38-52.2019.
M. L. Bannister-Tyrrell, S. Mavropoulou, M.
Jones, J. Bailey, and A. O’Donnell-Ostini,
“Initial teacher preparation for teaching
students with exceptionalities: Pre-service
teachers’ knowledge and perceived
competence,” Aust. J. Teach. Educ., 2018, doi:
14221/ajte.2018v43n6.2.
M. D. Kurniyawan, S. Sultoni, and A.
Sunandar, “MANAJEMEN SEKOLAH
RAMAH ANAK,” J. Adm. dan Manaj.
Pendidik., 2020, doi:
17977/um027v3i22020p192.
Y. Yuyun, Z. Zarkasih, and A. Sapriati,
“Implementasi Program Sekolah Ramah Anak
di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan
Marpoyan Damai Kota Pekanbaru,” J. Bid.
Pendidik. Dasar, 2022, doi:
21067/jbpd.v6i1.6122.
E. F. Banamtuan, “Evaluasi Program Sekolah
Ramah Anak (SRA) Berbasis Nilai di SD
Inpres Liliba Kota Kupang Tahun Pelajaran
/2013,” J. Ilmu Pendidik., 2019.
S. Sujadmi, L. Febriani, and H. Herdiyanti,
“Upaya Pencegahan Sexual Violence Pada
Remaja Sekolah di Merawang Kabupaten
Bangka,” Society, 2018, doi:
33019/society.v6i2.69.