PERWUJUDAN SEKOLAH RAMAH ANAK UNTUK MELINDUNGI HAK SISWA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN SMKN 1 RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Penulis

  • Firsty Sahda Nabila Saputra
  • Pebriyenni .

Kata Kunci:

Sekolah Ramah Anak , Hak Siswa, Pelecehan seksual

Abstrak

Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan program Sekolah Ramah Anak serta ketersediaan sarana dan prasarana untuk mewujudkannya sebagai upaya pencegahan pelecehan seksual di SMKN 1 Rambah. Jenis penelitian ini ialah dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Hasil penelitian yaitu pendidik dan tenaga kependidikan sudah mengikuti pelatihan Sekolah Ramah Anak dan sarana dan prasarana untuk mewujudkannya sudah memadai. Kesimpulannya adalah Pendidik dan tenaga kependidikan telah siap untuk menjadi bagian dari sekolah ramah anak yang bebas dari kekerasan serta pelecehan seksual dan berupaya untuk memenuhi persyaratan sebagai sekolah ramah anak meski ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki

Referensi

M. F. Fathan and S. Widiansyah, “Peran

Sekolah Ramah Anak dalam Melindungi Anak

dari Kekerasan Gender Berbasis Online di

Masa Pandemi,” Educenter J. Ilm. Pendidik.,

U. Zahirah, N. Nurwati, and H. Krisnani,

“DAMPAK DAN PENANGANAN

KEKERASAN SEKSUAL ANAK DI

KELUARGA,” Pros. Penelit. dan Pengabdi.

Kpd. Masy., 2019, doi:

24198/jppm.v6i1.21793.

P. W. Agustina and A. Kusumaning Ratri,

“Analisis Tindak Kekerasan Seksual Pada

Anak Sekolah Dasar,” J. Kaji. Teor. dan

Prakt. Kependidikan, 2018.

F. L. Sitanggang and P. Sumaryanto, “Upaya

Guru Mencegah Perilaku Kejahatan Seksual

Melalui Penerapan Pendidikan Seks Pada

Anak Usia Dini di PAUD Rajawali Ende

Kecamatan Tanjung Priok Kelurahan Tanjung

Priok,” J. Pendidik., 2018.

P. M. Jannah, “Pelecehan Seksual, Seksisme

dan Bystander,” PsikobuletinBuletin Ilm.

Psikol., 2021, doi: 10.24014/pib.v2i1.12023.

A. Sulistiyowati, A. Matulessy, and H.

Pratikto, “Psikoedukasi Seks: Meningkatkan

pengetahuan untuk Mencegah Pelecehan

Seksual pada Anak Prasekolah,” J. Ilm. Psikol.

Terap., 2018.

L. Nuraeni, A. Andrisyah, and R. Nurunnisa,

“Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak

dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia

Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini,

, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.204.

N. Tresiana, N. Duadji, T. Fahmi, and R. D.

Putri, “Pelatihan Mendesain Kebijakan dan

Strategi Sekolah Ramah Anak pada Satuan

Pendidikan,” Sakai Sambayan J. Pengabdi.

Kpd. Masy., 2018, doi: 10.23960/jss.v2i1.48.

M. W. Sari, D. N. Adhani, and M. B. Karim,

“Peran Guru dalam Penerapan Sekolah Ramah

Anak di TK YKK 1 Bangkalan,” J. PG-PAUD

Trunojoyo J. Pendidik. dan Pembelajaran

Anak Usia Dini, 2021, doi:

21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9088.

S. R. Rangkuti and I. R. Maksum,

“Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah

Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak

di Kota Depok,” Publik (Jurnal Ilmu Adm.,

, doi: 10.31314/pjia.8.1.38-52.2019.

M. L. Bannister-Tyrrell, S. Mavropoulou, M.

Jones, J. Bailey, and A. O’Donnell-Ostini,

“Initial teacher preparation for teaching

students with exceptionalities: Pre-service

teachers’ knowledge and perceived

competence,” Aust. J. Teach. Educ., 2018, doi:

14221/ajte.2018v43n6.2.

M. D. Kurniyawan, S. Sultoni, and A.

Sunandar, “MANAJEMEN SEKOLAH

RAMAH ANAK,” J. Adm. dan Manaj.

Pendidik., 2020, doi:

17977/um027v3i22020p192.

Y. Yuyun, Z. Zarkasih, and A. Sapriati,

“Implementasi Program Sekolah Ramah Anak

di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan

Marpoyan Damai Kota Pekanbaru,” J. Bid.

Pendidik. Dasar, 2022, doi:

21067/jbpd.v6i1.6122.

E. F. Banamtuan, “Evaluasi Program Sekolah

Ramah Anak (SRA) Berbasis Nilai di SD

Inpres Liliba Kota Kupang Tahun Pelajaran

/2013,” J. Ilmu Pendidik., 2019.

S. Sujadmi, L. Febriani, and H. Herdiyanti,

“Upaya Pencegahan Sexual Violence Pada

Remaja Sekolah di Merawang Kabupaten

Bangka,” Society, 2018, doi:

33019/society.v6i2.69.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-05