PENGARUHxTEMANxSEBAYAxTERHADAPxHASILxBELAJARxSISWAxKELASxX PADA PEMBELAJARANxPENDIDIKANxPANCASILAxDIxSMANx2xSOLOK
Kata Kunci:
man Sebaya, Hasil Belajar, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitianxini dilatarbelakangi adanya konflik yang terjadi pada remaja yang agresif serta berandalan dampak pengaruh teman sebaya, sebagai akibatnya ada tawuran antar pelajar yang sebenarnya hanya buat menunjukkan keberadaan mereka. Adapunxtujuanxpenelitianxinixuntukxmengetahui pengaruhxteman sebayaxterhadapxhasilxbelajarxsiswaxkelasxX pada mata pelajaran PendidikanxPancasilaxdixSMAN 2 Solok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PendidikanxPancasilaxdixSMANx2xSolok. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar siswa tidak bersifat menyeluruh, melainkan juga didukung oleh motivasi belajar yang berperan penting dalam memperkuat dampak teman sebaya terhadap hasil belajar. Disarankan agar semua siswa menyadari dampak teman sebaya terhadap hasil belajar. Selain itu, disarankan juga kepada para pengajar untuk lebih mendalami pemahaman mengenai pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa. Pihak sekolah juga sebaiknya meningkatkan supervisi guna memahami pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa dengan lebih baikReferensi
Undang-Undang Republik Indonesia. Undang-
Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun
tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU
Sisdiknas).
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021).
Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa
di masa pandemi covid-19. Prima Magistra:
Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101.
Suhaida, P., & Mardison, S. (2019). Pengaruh
Teman Sebaya Terhadap Konsep Diri Siswa
Kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti
Kabupaten Solok. Jurnal Al-Taujih: Bingkai
Bimbingan dan Konseliqng Islami, 5(1), 25-36.
https://www.liputan6.com/health/read/575488/re
maja-agresif-dan-berandalan-akibat-pengaruh-
teman-sebaya
Dimyati & Mudjiono. (2017). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,
dan Asesmen Pendidikan Kementrian
Pendidikan, Kebudayaan Riset Dan Teknologi
Nomor 033/H/KR/2022
Slameto, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Belajar. PT. Rineka Cipta, 2020.
Wahyu Rama Pradipta, “Pengaruh Motivasi
Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan
Perhatian Orang Tua Terhadap Minat
Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Bagi Siswa
Kelas XI Ips SMA N 1 Jatisrono Wonogiri
Tahun 2017/2019,” 2018.
N. P. Krisna, M. Jurusan, P. Ekonomi, And F.
Ekonomi, “Pengaruh Gaya Belajar Dan
Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil
Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan
Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha,”
T. Nurrita, “Pengembangan Media
Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa,” 2018.
J. Pendidikan and M. Perkantoran, “Impak
minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
siswa (The impacts of students’ learning interest
and motivation on their learning outcomes),”
[Online]. Available:
http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/articl
e/view/00000
A. Emda Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan
Uin Ar-Raniry Banda Aceh, “Kedudukan
Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran,”
Sugiyono, Kuantitatif, Kualitatif, R&D. CV
.Alpabeta, 2019.
A. Hartini And L. Robinson, “Hubungan
Hasil Belajar Siswa Dengan Kemampuan
Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila,” Jurnal
Kansasi (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra
Indonesia), Vol. 5, No. 1, Pp. 81–91, Apr. 2020,
Doi: 10.31932/Jpbs.V5i1.742.
S. Negeri And S. Selatan, “Peranan Guru
Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Arianti.”