PENGARUHxTEMANxSEBAYAxTERHADAPxHASILxBELAJARxSISWAxKELASxX PADA PEMBELAJARANxPENDIDIKANxPANCASILAxDIxSMANx2xSOLOK

Penulis

  • Annisa Agustina
  • Muslim .

Kata Kunci:

man Sebaya, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitianxini dilatarbelakangi adanya konflik yang terjadi pada remaja yang agresif serta berandalan dampak pengaruh teman sebaya, sebagai akibatnya ada tawuran antar pelajar yang sebenarnya hanya buat menunjukkan keberadaan mereka. Adapunxtujuanxpenelitianxinixuntukxmengetahui pengaruhxteman sebayaxterhadapxhasilxbelajarxsiswaxkelasxX pada mata pelajaran PendidikanxPancasilaxdixSMAN 2 Solok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PendidikanxPancasilaxdixSMANx2xSolok. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar siswa tidak bersifat menyeluruh, melainkan juga didukung oleh motivasi belajar yang berperan penting dalam memperkuat dampak teman sebaya terhadap hasil belajar. Disarankan agar semua siswa menyadari dampak teman sebaya terhadap hasil belajar. Selain itu, disarankan juga kepada para pengajar untuk lebih mendalami pemahaman mengenai pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa. Pihak sekolah juga sebaiknya meningkatkan supervisi guna memahami pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa dengan lebih baik

Referensi

Undang-Undang Republik Indonesia. Undang-

Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun

tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU

Sisdiknas).

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021).

Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa

di masa pandemi covid-19. Prima Magistra:

Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101.

Suhaida, P., & Mardison, S. (2019). Pengaruh

Teman Sebaya Terhadap Konsep Diri Siswa

Kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti

Kabupaten Solok. Jurnal Al-Taujih: Bingkai

Bimbingan dan Konseliqng Islami, 5(1), 25-36.

https://www.liputan6.com/health/read/575488/re

maja-agresif-dan-berandalan-akibat-pengaruh-

teman-sebaya

Dimyati & Mudjiono. (2017). Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,

dan Asesmen Pendidikan Kementrian

Pendidikan, Kebudayaan Riset Dan Teknologi

Nomor 033/H/KR/2022

Slameto, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Belajar. PT. Rineka Cipta, 2020.

Wahyu Rama Pradipta, “Pengaruh Motivasi

Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan

Perhatian Orang Tua Terhadap Minat

Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Bagi Siswa

Kelas XI Ips SMA N 1 Jatisrono Wonogiri

Tahun 2017/2019,” 2018.

N. P. Krisna, M. Jurusan, P. Ekonomi, And F.

Ekonomi, “Pengaruh Gaya Belajar Dan

Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil

Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan

Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha,”

T. Nurrita, “Pengembangan Media

Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa,” 2018.

J. Pendidikan and M. Perkantoran, “Impak

minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar

siswa (The impacts of students’ learning interest

and motivation on their learning outcomes),”

[Online]. Available:

http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/articl

e/view/00000

A. Emda Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan

Uin Ar-Raniry Banda Aceh, “Kedudukan

Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran,”

Sugiyono, Kuantitatif, Kualitatif, R&D. CV

.Alpabeta, 2019.

A. Hartini And L. Robinson, “Hubungan

Hasil Belajar Siswa Dengan Kemampuan

Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila,” Jurnal

Kansasi (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra

Indonesia), Vol. 5, No. 1, Pp. 81–91, Apr. 2020,

Doi: 10.31932/Jpbs.V5i1.742.

S. Negeri And S. Selatan, “Peranan Guru

Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Arianti.”

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-05