PERAN SEKOLAH DALAM MENYIKAPI PERILAKU BULLYING DI KALANGAN SISWA SMK NEGERI 1 PARIAMAN

Penulis

  • Rinto Nugroho
  • M. Nursi

Kata Kunci:

Peran Sekolah, Perilaku Bullying, Korban, Kedisiplinan

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi karena terdapat kasus korban yang bahkan mengakhiri hidupnya akibat tekanan bullying dari teman-teman sekelas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuii sikap sekolah terhadap perilaku bullying, sikap sekolah dalam membangun kesadaran, upaya dalam pencegahan bullying, dan penanganan kasus bullying. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Hasilnya menunjukkan: Pertama, sekolah menunjukkan sikap tegas terhadap pelaku bullying.Kedua, sekolah meningkatkan kesadaran siswa dengan berbagai program. Ketiga, adanya kolaborasi antara warga sekolah. Keempat, sekolah memberikan peringatan sebelum memberikan sanksi kepada pelaku bullying. Kesimpulannya, sekolah memainkan peran penting dalam mengatasi bullying. Disarankan agar sekolah lebih intensif dalam menyosialisasikan pencegahan bullying.

Referensi

S. Bu’ulolo (, F. L. Zagoto, B. Laia, G.

Bimbingan, D. Konseling, and N. Selatan,

“Counseling For All: Jurnal Bimbingan dan

Konseling”, [Online]. Available:

https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseli

ng

N. Wedyawati and T. D. I. Ratu Makin,

“Korelasi Tindakan Bullying Dengan Hasil

Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Negeri 27 Pauh Desa Tahun Pelajaran

/2019,” Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, vol. 10, no. 1, pp. 29–44, Apr.

, doi: 10.31932/ve.v10i1.357.

R. Ramadhanti and M. T. Hidayat, “Strategi

Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying

Siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu,

vol. 6, no. 3, pp. 4566–4573, Apr. 2022, doi:

31004/basicedu.v6i3.2892.

A. S. P. Batubara, A. Endarwati, N. Siagian, S.

Yunita, and H. Hodriani, “Peran Guru PPKn

dalam Mencegah Terjadinya Bullying Pada

Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei

Tuan Tahun Pelajaran 2020/2021,” Jurnal

Kewarganegaraan, vol. 19, no. 1, p. 33, Mar.

, doi: 10.24114/jk.v19i1.27541.

A. Adiyono, A. Adiyono, I. Irvan, and R.

Rusanti, “Peran Guru Dalam Mengatasi

Perilaku Bullying,” Al-Madrasah: Jurnal

Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 3,

p. 649, Apr. 2022, doi:

35931/am.v6i3.1050.

M. M. Aliyah and I. Barru, “Analisis Perilaku

Pelaku Bullying dan Upaya Penanganannya

(Studi Kasus Pada Siswa MAN 1 Barru),”

Indonesian Journal of Educational Science

(IJES), vol. 1, no. 1, 2018.

F. H. Purnama et al., “Peran Sekolah Dan

Perilaku Remaja (The Role of School and

Behaviour of Adolescents),” vol. 5, no. 3, pp.

–213, 2018.

F. A. Firmansyah, “Peran Guru Dalam

Penanganan Dan Pencegahan Bullying di

Tingkat Sekolah Dasar,” vol. 2, no. 3, pp. 205–

, 2021, doi: 10.18592/jah.v2vi3i.5590.

Fadlin, Sakman, and Dotrimensie, “Peran

Sekolah Dalam Mencegah Perilaku Bullying

Pada Siswa SMA PGRI Palangka Raya,” vol.

, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://e-

journal.upr.ac.id/index.php/parislangkis

R. Ma’rufah, Pristiwiyanto, S. Al-Azhar, and

M. Gresik, “Fatawa: Jurnal Pendidikan Agama

Islam Peran Sekolah Dalam Menanggulangi

Perilaku Bullying,” no. 2, 2021, [Online].

Available:http://jurnal.staialazharmenganti.ac.i

d/index.php/fatawa

B. Seto Rindi Atmojo, S. Wardaningsih, M.

Magister Keperawatan, F. Pascasarjana, U.

Muhammadiyah Yogyakarta, and D. Magister

Keperawatan, “Peran Guru Dalam Mencegah

Perilaku Bullying.”

M. Putri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Purna

Bhakti Husada Batusangkar, “Hubungan

Kepercayaan Diri Dan Dukungan Teman

Sebaya Dengan Jenis Perilaku Bullying DIi

MTsN Lawang Mandhahiling Kecamatan

Salimpaung Tahun 2017,” vol. 8, 2018.

A. kirom, “Peran Guru dan Peserta Didik

Dalam Pembelajaran Berbasis Multikultural,”

Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2017.

A. Sugianto, M. Suci Qomariah, and A. Nur

Alisha, “Peran Guru Bimbingan dan Konseling

Dalam Analisis Profil Gaya Belajar Siswa

Sebagai Need Assessment Pembelajaran

Berdiferensiasi,” Jurnal Bimbingan dan

Konseling, vol. 7, no. 3, 2023.

A. Sholekhah, K. Fajriyah Program Studi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, and F. Ilmu

Pendidikan, “Studi Kasus Bullying Di SD

Negeri 2 Bero Jaya Timur Kecamatan Tungkal

Jaya Kabupaten Musi Banyuasin.”

L. Muntasiroh, “Jenis-jenis Bullying Dan

Penangannya Di SD N Mangonharjo Kota

Semarang.”

Erida Ningsih, “Hubungan Antara Dukungan

Orangtua Dengan self-Regulated Learning

Pada Siswa SMA josua Medan,” 2011.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-05