PERAN SEKOLAH DALAM MENYIKAPI PERILAKU BULLYING DI KALANGAN SISWA SMK NEGERI 1 PARIAMAN
Kata Kunci:
Peran Sekolah, Perilaku Bullying, Korban, KedisiplinanAbstrak
Penelitian dilatarbelakangi karena terdapat kasus korban yang bahkan mengakhiri hidupnya akibat tekanan bullying dari teman-teman sekelas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuii sikap sekolah terhadap perilaku bullying, sikap sekolah dalam membangun kesadaran, upaya dalam pencegahan bullying, dan penanganan kasus bullying. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Hasilnya menunjukkan: Pertama, sekolah menunjukkan sikap tegas terhadap pelaku bullying.Kedua, sekolah meningkatkan kesadaran siswa dengan berbagai program. Ketiga, adanya kolaborasi antara warga sekolah. Keempat, sekolah memberikan peringatan sebelum memberikan sanksi kepada pelaku bullying. Kesimpulannya, sekolah memainkan peran penting dalam mengatasi bullying. Disarankan agar sekolah lebih intensif dalam menyosialisasikan pencegahan bullying.Referensi
S. Bu’ulolo (, F. L. Zagoto, B. Laia, G.
Bimbingan, D. Konseling, and N. Selatan,
“Counseling For All: Jurnal Bimbingan dan
Konseling”, [Online]. Available:
https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseli
ng
N. Wedyawati and T. D. I. Ratu Makin,
“Korelasi Tindakan Bullying Dengan Hasil
Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar
Negeri 27 Pauh Desa Tahun Pelajaran
/2019,” Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan, vol. 10, no. 1, pp. 29–44, Apr.
, doi: 10.31932/ve.v10i1.357.
R. Ramadhanti and M. T. Hidayat, “Strategi
Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying
Siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu,
vol. 6, no. 3, pp. 4566–4573, Apr. 2022, doi:
31004/basicedu.v6i3.2892.
A. S. P. Batubara, A. Endarwati, N. Siagian, S.
Yunita, and H. Hodriani, “Peran Guru PPKn
dalam Mencegah Terjadinya Bullying Pada
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei
Tuan Tahun Pelajaran 2020/2021,” Jurnal
Kewarganegaraan, vol. 19, no. 1, p. 33, Mar.
, doi: 10.24114/jk.v19i1.27541.
A. Adiyono, A. Adiyono, I. Irvan, and R.
Rusanti, “Peran Guru Dalam Mengatasi
Perilaku Bullying,” Al-Madrasah: Jurnal
Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 3,
p. 649, Apr. 2022, doi:
35931/am.v6i3.1050.
M. M. Aliyah and I. Barru, “Analisis Perilaku
Pelaku Bullying dan Upaya Penanganannya
(Studi Kasus Pada Siswa MAN 1 Barru),”
Indonesian Journal of Educational Science
(IJES), vol. 1, no. 1, 2018.
F. H. Purnama et al., “Peran Sekolah Dan
Perilaku Remaja (The Role of School and
Behaviour of Adolescents),” vol. 5, no. 3, pp.
–213, 2018.
F. A. Firmansyah, “Peran Guru Dalam
Penanganan Dan Pencegahan Bullying di
Tingkat Sekolah Dasar,” vol. 2, no. 3, pp. 205–
, 2021, doi: 10.18592/jah.v2vi3i.5590.
Fadlin, Sakman, and Dotrimensie, “Peran
Sekolah Dalam Mencegah Perilaku Bullying
Pada Siswa SMA PGRI Palangka Raya,” vol.
, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://e-
journal.upr.ac.id/index.php/parislangkis
R. Ma’rufah, Pristiwiyanto, S. Al-Azhar, and
M. Gresik, “Fatawa: Jurnal Pendidikan Agama
Islam Peran Sekolah Dalam Menanggulangi
Perilaku Bullying,” no. 2, 2021, [Online].
Available:http://jurnal.staialazharmenganti.ac.i
d/index.php/fatawa
B. Seto Rindi Atmojo, S. Wardaningsih, M.
Magister Keperawatan, F. Pascasarjana, U.
Muhammadiyah Yogyakarta, and D. Magister
Keperawatan, “Peran Guru Dalam Mencegah
Perilaku Bullying.”
M. Putri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Purna
Bhakti Husada Batusangkar, “Hubungan
Kepercayaan Diri Dan Dukungan Teman
Sebaya Dengan Jenis Perilaku Bullying DIi
MTsN Lawang Mandhahiling Kecamatan
Salimpaung Tahun 2017,” vol. 8, 2018.
A. kirom, “Peran Guru dan Peserta Didik
Dalam Pembelajaran Berbasis Multikultural,”
Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2017.
A. Sugianto, M. Suci Qomariah, and A. Nur
Alisha, “Peran Guru Bimbingan dan Konseling
Dalam Analisis Profil Gaya Belajar Siswa
Sebagai Need Assessment Pembelajaran
Berdiferensiasi,” Jurnal Bimbingan dan
Konseling, vol. 7, no. 3, 2023.
A. Sholekhah, K. Fajriyah Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, and F. Ilmu
Pendidikan, “Studi Kasus Bullying Di SD
Negeri 2 Bero Jaya Timur Kecamatan Tungkal
Jaya Kabupaten Musi Banyuasin.”
L. Muntasiroh, “Jenis-jenis Bullying Dan
Penangannya Di SD N Mangonharjo Kota
Semarang.”
Erida Ningsih, “Hubungan Antara Dukungan
Orangtua Dengan self-Regulated Learning
Pada Siswa SMA josua Medan,” 2011.