PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA UNTUK KELAS XI DI MAN KOTA SOLOK
Kata Kunci:
Android, Game Edukasi, Construct 2Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penyampaian materi oleh guru saat PBM menggunakan proyektor dan laptop untuk menampilkan media pembelajaran berupa power point, namun siswa masih belum tertarik karena mediapembelajaran yang ditampilkan guru kurang bervariasi, diperoleh data dari 35 orangsiswa hanya 15 orang yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang membuat proses belajar mengajar tidak tercapai secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran game edukasi berbasis android pada mata pelajaran informatika untuk kelas XI di MAN Kota Solok menggunakan software construct 2 yang valid dan praktis. Metode penelitian yangdigunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development(R&D). Penelitian dilakukan untuk menguji validasi dan praktikalitas media gameedukasi berbasis android, validasi dilakukan oleh 2 orang validator, yaitu ahli materi dan ahli media dengan memberikan lembar validasi berserta media game edukasi berbasis android. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan produk media game edukasi berbasis android pada mata pelajaran informatika bagi kelas XI IPA Man Kota Solok, maka dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan sebuah media game edukasi berbasis android yang dinyatakan valid oleh validator ahli media dan ahli materi sebesar 83% dan dinyatakan praktis oleh siswa sebesar 89%.Referensi
Ayu Sriwahyuni, N. (2016). Pengembangan
Media Pembelajaran Game Edukasi Pada Mata
Pelajaran Ekonomi Kelas X Iis Sma
Laboratorium Universitas Negeri Malang.
Jurnal Pendidikan Ekonomi, 09(2).
https://doi.org/10.17977/UM014v09i22016p01
Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N.
(2020). Multimedia Interaktif Berbasis
Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran
Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI
SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia,
(1), 141151. https://doi.org/10.24815/jpsi.
v8i1.16062
Setya Nugraha, K., & Agustina, R. (2018).
Rancang Bangun Game Edukasi Pada Mata
Pelajaran Matematika Kelas Ix Berbasis
Android. Seminar Nasional FST, 1.
Priyanto, D. (n.d.). (2009). Pengembangan
Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer.
Endang Titi Rahayu, D. H. dan T. K. (2018).
Pengembangan Video Pembelajaran Pada
Materi Ekstraksi Dan Isolasi Senyawa Metabolit
Sekunder Daun Buas-Buas (Premna
Serratifolia Linn) Di Program Studi Pendidikan
Kimia Universitas Muhammadiyah PontianaK.
(1).
Janto, H., & Purwandari, N. (2022). Aplikasi
Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran
Tematik Kelas Satu di Sdit Al-Kautsar Cikarang
Berbasis Multimedia. 8(1), 132–146