PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA UNTUK KELAS XI DI MAN KOTA SOLOK

Penulis

  • Cindy Claudya Wengsti
  • Ade Rahmadani

Kata Kunci:

Android, Game Edukasi, Construct 2

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah penyampaian materi oleh guru saat PBM menggunakan proyektor dan laptop untuk menampilkan media pembelajaran berupa power point, namun siswa masih belum tertarik karena mediapembelajaran yang ditampilkan guru kurang bervariasi, diperoleh data dari 35 orangsiswa hanya 15 orang yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang membuat proses belajar mengajar tidak tercapai secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran game edukasi berbasis android pada mata pelajaran informatika untuk kelas XI di MAN Kota Solok menggunakan software construct 2 yang valid dan praktis. Metode penelitian yangdigunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development(R&D). Penelitian dilakukan untuk menguji validasi dan praktikalitas media gameedukasi berbasis android, validasi dilakukan oleh 2 orang validator, yaitu ahli materi dan ahli media dengan memberikan lembar validasi berserta media game edukasi berbasis android. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan produk media game edukasi berbasis android pada mata pelajaran informatika bagi kelas XI IPA Man Kota Solok, maka dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan sebuah media game edukasi berbasis android yang dinyatakan valid oleh validator ahli media dan ahli materi sebesar 83% dan dinyatakan praktis oleh siswa sebesar 89%.

Referensi

Ayu Sriwahyuni, N. (2016). Pengembangan

Media Pembelajaran Game Edukasi Pada Mata

Pelajaran Ekonomi Kelas X Iis Sma

Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Jurnal Pendidikan Ekonomi, 09(2).

https://doi.org/10.17977/UM014v09i22016p01

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N.

(2020). Multimedia Interaktif Berbasis

Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran

Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI

SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia,

(1), 141151. https://doi.org/10.24815/jpsi.

v8i1.16062

Setya Nugraha, K., & Agustina, R. (2018).

Rancang Bangun Game Edukasi Pada Mata

Pelajaran Matematika Kelas Ix Berbasis

Android. Seminar Nasional FST, 1.

Priyanto, D. (n.d.). (2009). Pengembangan

Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer.

Endang Titi Rahayu, D. H. dan T. K. (2018).

Pengembangan Video Pembelajaran Pada

Materi Ekstraksi Dan Isolasi Senyawa Metabolit

Sekunder Daun Buas-Buas (Premna

Serratifolia Linn) Di Program Studi Pendidikan

Kimia Universitas Muhammadiyah PontianaK.

(1).

Janto, H., & Purwandari, N. (2022). Aplikasi

Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran

Tematik Kelas Satu di Sdit Al-Kautsar Cikarang

Berbasis Multimedia. 8(1), 132–146

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-04