PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BERBASIS VIDEO MOTION GRAPHIC DI SMAN 1 PARIANGAN
Kata Kunci:
Video Motion Graphic, Sejarah Indonesia, AndroidAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran sejarah Indonesia berbasis video motion graphic di SMA Negeri 1 Pariangan yang valid dan praktis. Motode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang meliputi 5 langkah yaitu analysis, design, development, implementasi dan evaluation. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli media, ahli materi, serta lembar praktikalitas yaitu angket yang diberikan ke siswa. Analisis validitas media pembelajaran di validasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi.Sedangkan analisi praktikalitas media pembelajaran diuji cobakan pada 34 siswa . Hasil penelitian diperoleh rata-rata 83% untuk ahli media dan ahli materi diperoleh nilai rata-rata 88 kriteria valid, serta 95% nilai praktikalitas siswa dinyatakan dengan keriteria sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sejarah Indonesia berbasis video motion graphic sangat valid dan sangat praktis sebagai media pembelajaran materi masuknya agama dan kebudayaan hindu Buddha ke Indonesia pada siswa kelas X E.1 SMA Negeri 1 Pariangan.Referensi
Amir Hamzah. (2019). Metode Penelitian &
Pengembangan Research & Development..
Malang: Literasi Nusantara Abadi
Amrina, Z., Daswarman, D., & Arifin, S. (2020).
Pengembangan modul pembelajaran matematika
berbasis pendekatan saintifik pada materi pecahan
untuk siswa kelas iv sd negeri 38 kuranji. Jurnal
Cerdas Proklamator, 8(1), 1-9.
Arikunto,S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan
Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic
Education Journal, 3(1), 35–42.
https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Choiril. (2016), Perancangan Motion Graphic
Pengenalan Batik Gemawang Khas Kabupaten
Semarang, Skripsi, Program Studi Desain
Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa, Institut
Seni Indonesia, Yogjakarta
Hamzah. (2019). Metode Penelitian &
Pengembangan R&D. Yogyakarta: Literasi
Nusantara.
Maretha Sari, E. (2018). Pengembangan Media
Video Animasi Motion Graphic Pada Mata
Pelajaran Sejarah Materi Pokok Indonesia Zaman
Praaksara Di Sma Negeri 4 Sidoarjo. Jurnal
Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(1), 2–5.