PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI BERFIKIR KOMPUTASIONAL KELAS X DI SMA NEGERI 2 SOLOK
Kata Kunci:
Media Development, Learning, Interactive, Computational Thinking.Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Materi Berfikir Komputasional Kelas X di SMA Negeri 2 Solok yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (Research & Development) penelitian ini menggunakan model Borg dan Gall. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan ahli materi, serta angket praktikalitas yaitu angket yang diberikan ke siswa. Analisis validitas media pembelajaran interaktif di validasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi, sedangkan analisis praktikalitas media pembelajaran interaktif diuji cobakan pada 35 orang siswa. Reliabilitas diukur dengan menggunakan statistik Cronbach Alpha dengan hasil 1,08122. Hasil penelitian yang diperoleh dengan rata-rata 83% oleh ahli media dengan kriteria “Valid” dan ahli materi dengan rata-rata 92% dengan kriteria “Sangat Valid”, serta rata-rata 90% praktikalitas siswa dengan kriteria “Sangat Praktis”.Referensi
Amrina, Z., Daswarman, D., & Arifin, S. (2020).
Pengembangan modul pembelajaran matematika
berbasis pendekatan saintifik pada materi pecahan
untuk siswa kelas iv sd negeri 38 kuranji. Jurnal
Cerdas Proklamator, 8(1),1-9.
Nel arianty. (2014). Pengembangan Media
Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra
Pokok Bahasan Turunan. 14(02), 144–150.
Shita, A., & Dkk. (2013). Pengambangan media
Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh
Pandhawa Pada Mata Pelajaran Bahasa
JawaKelas V SD. Journal
of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Widiara, I. K. (2020). Blended Learning Sebagai
Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Jurnal
Pendidikan, 2(December), 50–56.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2023-09-07