PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI BERFIKIR KOMPUTASIONAL KELAS X DI SMA NEGERI 2 SOLOK

Penulis

  • Nadila Stevani
  • Rini Widyastuti

Kata Kunci:

Media Development, Learning, Interactive, Computational Thinking.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Materi Berfikir Komputasional Kelas X di SMA Negeri 2 Solok yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (Research & Development) penelitian ini menggunakan model Borg dan Gall. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan ahli materi, serta angket praktikalitas yaitu angket yang diberikan ke siswa. Analisis validitas media pembelajaran interaktif di validasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi, sedangkan analisis praktikalitas media pembelajaran interaktif diuji cobakan pada 35 orang siswa. Reliabilitas diukur dengan menggunakan statistik Cronbach Alpha dengan hasil 1,08122. Hasil penelitian yang diperoleh dengan rata-rata 83% oleh ahli media dengan kriteria “Valid” dan ahli materi dengan rata-rata 92% dengan kriteria “Sangat Valid”, serta rata-rata 90% praktikalitas siswa dengan kriteria “Sangat Praktis”.

Referensi

Amrina, Z., Daswarman, D., & Arifin, S. (2020).

Pengembangan modul pembelajaran matematika

berbasis pendekatan saintifik pada materi pecahan

untuk siswa kelas iv sd negeri 38 kuranji. Jurnal

Cerdas Proklamator, 8(1),1-9.

Nel arianty. (2014). Pengembangan Media

Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra

Pokok Bahasan Turunan. 14(02), 144–150.

Shita, A., & Dkk. (2013). Pengambangan media

Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh

Pandhawa Pada Mata Pelajaran Bahasa

JawaKelas V SD. Journal

of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Widiara, I. K. (2020). Blended Learning Sebagai

Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Jurnal

Pendidikan, 2(December), 50–56.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-07