HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 PAYAKUMBUH
Kata Kunci:
motivasi, hasil belajar biologiAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Payakumbuh. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Payakumbuhi pada siswa kelas XI MIPA tahun ajaran ganjil 2022/2023 dengan sampel berjumlah 167 siswa. Metode pengambilan sampel adalah probabilitas sampling dengan tingkat kesalahan 5%. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang berisi pernyataan tentang motivasi belajar biologi siswa menggunakan skala likert, dan dokumentasi hasil ujian akhir siswa biologi semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Hasil Uji Korelasi Pearson Product Moment untuk motivasi intrinsik 0,977 dan motivasi ekstrinsik 0,976 yang berarti ada hubungan antara pembelajaran siswa MIPA dengan pembelajaran biologi di SMAN 1 Payakumbuh Kelas XI. Hasil uji t diperoleh thitung sebesar 6,549 untuk motivasi intrinsik dan 7,138 untuk motivasi ekstrinsik yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Hasil koefisien determinasi motivasi instrinsik sebesar 96%, sedangkan hasil koefisien determinasi motivasi ekstrinsik sebesar 25% yang berarti motivasi instrinsik (X1) dan motivasi ekstrinsik (X2) berkonribusi terhadap pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa (Y) Kelas XI MIPA SMAN 1 Payakumbuh. Kata kunci : motivasi, hasil belajar biologiReferensi
Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam
Pengembangan Kurikulum 2013. Aspirasi, 4(1),
–74.
Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan,
belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa
Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97.
Damopolii, I., Lefaan, P. T., & Manga’, M.
(2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan
Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMP 21 Rendani
Manokwari. Seminar Nasional Dan Kongres
Himpunan Pendidik Dan Peneliti Biologi
Indonesia (HPPBI), 1(1), 427–430.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2019). Pengaruh
Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar
Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu
Pendidikan, 1(3), 280–286.
Hidayati, V. N., Dani, F. R., Wati, M. S., &
Putri, M. Y. (2022). Pengaruh Pelaksanaan
Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi
Siswa Kelas X Di Sman 1 Payung Sekaki. Jurnal
Eduscience, 9(3), 707–716.
Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan
motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–
Rahmat, T. D., & Helendra. (2022).
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR
DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
KELAS XI MAN 2 MANDAILING NATAL
PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI.
BIOCHEPHY: Journal of Science Education,
(1), 11 of 15.
Salsa, F. J., Sari, R. T., Muhar, N., &
Gusmaweti, G. (2022). The Relationship
Between Motivation and Learning Outcomes of
Biology Subject Through Distance Learning.
International Journal of STEM Education for
Sustainability, 2(2), 140–147.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan
Model Pembelajaran Project Based Learning
(PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas
Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung : Alfabeta.