HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 PAYAKUMBUH

Penulis

  • Fauziyyah Roosyidah
  • Rona Taula Sari

Kata Kunci:

motivasi, hasil belajar biologi

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Payakumbuh. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Payakumbuhi pada siswa kelas XI MIPA tahun ajaran ganjil 2022/2023 dengan sampel berjumlah 167 siswa. Metode pengambilan sampel adalah probabilitas sampling dengan tingkat kesalahan 5%. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang berisi pernyataan tentang motivasi belajar biologi siswa menggunakan skala likert, dan dokumentasi hasil ujian akhir siswa biologi semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Hasil Uji Korelasi Pearson Product Moment untuk motivasi intrinsik 0,977 dan motivasi ekstrinsik 0,976 yang berarti ada hubungan antara pembelajaran siswa MIPA dengan pembelajaran biologi di SMAN 1 Payakumbuh Kelas XI. Hasil uji t diperoleh thitung sebesar 6,549 untuk motivasi intrinsik dan 7,138 untuk motivasi ekstrinsik yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Hasil koefisien determinasi motivasi instrinsik sebesar 96%, sedangkan hasil koefisien determinasi motivasi ekstrinsik sebesar 25% yang berarti motivasi instrinsik (X1) dan motivasi ekstrinsik (X2) berkonribusi terhadap pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa (Y) Kelas XI MIPA SMAN 1 Payakumbuh. Kata kunci : motivasi, hasil belajar biologi

Referensi

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam

Pengembangan Kurikulum 2013. Aspirasi, 4(1),

–74.

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan,

belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa

Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97.

Damopolii, I., Lefaan, P. T., & Manga’, M.

(2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan

Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMP 21 Rendani

Manokwari. Seminar Nasional Dan Kongres

Himpunan Pendidik Dan Peneliti Biologi

Indonesia (HPPBI), 1(1), 427–430.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2019). Pengaruh

Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar

Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu

Pendidikan, 1(3), 280–286.

Hidayati, V. N., Dani, F. R., Wati, M. S., &

Putri, M. Y. (2022). Pengaruh Pelaksanaan

Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi

Siswa Kelas X Di Sman 1 Payung Sekaki. Jurnal

Eduscience, 9(3), 707–716.

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan

motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–

Rahmat, T. D., & Helendra. (2022).

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR

DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

KELAS XI MAN 2 MANDAILING NATAL

PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI.

BIOCHEPHY: Journal of Science Education,

(1), 11 of 15.

Salsa, F. J., Sari, R. T., Muhar, N., &

Gusmaweti, G. (2022). The Relationship

Between Motivation and Learning Outcomes of

Biology Subject Through Distance Learning.

International Journal of STEM Education for

Sustainability, 2(2), 140–147.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan

Model Pembelajaran Project Based Learning

(PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas

Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-07