PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMKN 1 BUKIT SUNDI
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Pembelajaran Project based learning, Motivasi Belajar, Menulis cerpenAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMKN 1 Bukit Sundi, Kabupaten Solok. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang diaplikasikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Model pembelajaran Konvensional dalam keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMKN 1 Bukit Sundi. Teori yang digunakan dalam menganalisis motivasi belajar adalah teori Uji-t (Furqon, 2002: 71), untuk menulis cerpen digunakan teori Uji-t (Furgon, 2002:71 sedangkan model PjBL digunakan teori Anova (Furgon, 2002:72). Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian quasiexperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK N 1 Bukit Sundi, Kabupaten Solok Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Kemudian, sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Kelas eksperimen adalah kelas XI RPL A dan kelas kontrol kelas XI RPL B. Anggota kelas XI RPL A adalah sebanyak 28 orang dan kelas XI RPL B juga 28 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui penggunaan instrumen penelitian yang berupa tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Selanjutnya data hasil belajar dianalisis menggunakan Uji-t dan Anova. Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model konvensional pada pembelajaran menulis cerpen siswa SMK N 1 Bukit Sundi, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan model pembelajaran Project based learning dan model konvensional yang memiliki motivasi belajar tinggi pada pembelajaran menulis cerpen siswa SMK N 1 Bukit Sundi, (3) terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan model pembelajaran Project based learning dan model konvensional yang memiliki motivasi belajar rendah pada pembelajaran menulis cerpen siswa SMK N 1 Bukit Sundi, dan (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dan konvensional yang diterapkan kepada siswa cukup mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Project based learning lebih dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan daripada model pembelajaran konvensional.Referensi
Ayukanti. 2017. Model Pembelajaran Project
Based Learning. 6(1), 9–36.
Dalyono. M. 2012. Psikologi Pendidikan :
Komponen MKDK). Jakarta : Rineka Cipta.
Furqon, 2002. Statistika Terapan untuk Penelitian.
Bandung: CV Alfabeta.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. 2019. PjBl Untuk
Meningkatkan Kreativitas Mahsiswa: Sebuah
Kajian Deskritif Tentang Model Pembelajaran
PjBL Dalam Meningkatkan Kreatifitas
Mahasiswa.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad, M. 2016. Pengaruh motivasi dalam
Pembelajaran. 4(2)
Muhsin. 2015. Hasil Belajar. 39–40.
http://repository.uinsu.ac.id/408/5/BAB II.pdf
Nana, Sudjana. 2002. Desain dan Analisis
Eksperiment. Bandung: Tarsito.
Nurfitriani, S., Sahputra, R., & Sartika, R. P.
Pengaruh Model Project-Based Learning
Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Koloid Di
SMK PGRI Pontianak. 1–8.
Ramadhani. 2019. Model Pembelajaran. 17– 52.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., &Hardini, A. T.
A. 2018. Penerapan model PembalajaranProject
Based Learning (PjBL) untukmeningkatkan hasil
belajar dan kreatifitassiswa kelas III SD Negeri
SidorejoLor01Salatiga. 6(1), 41–54.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif
dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu.
Jakarta: Bumi Aksara.