PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR
Kata Kunci:
Media Video, Literasi Informasi, Menulis Teks Berita.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan media video pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar, dan (2) perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa media video pembelajaran menulis berita. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini tentang media video pembelajaran pendapat Arsyad,pendapat Zainurrahman dan Djuraid. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII SMP N 1 Tapung Hulu. Sampel penelitian ini berjumlah 2 kelas dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Kelas VIII- 1 diajar dengan menggunakan media video pembelajaran, sedangkan kelas VIII-3 diajar tanpa media video pembelajaran menulis berita. Objek penelitian ini adalah media video pembelajaran menulis berita. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Hasil penelitian kualitas media video pembelajaran menulis berita baik oleh ahli materi, ahli media, guru bahasa Indonesia, maupun siswa memberikan penilaian dengan kategori yang sangat baik, dan (2) Hasil Belajar Siswa yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran menulis berita (80,00 ± 3,87) ( X ±SD) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa media video pembelajaran menulis berita(68,47 ± 5,92)(t-hitung = 9,772; P = 0,000). Dengan demikian media pembelajaran merupakan sarana yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa. Sehingga proses pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media video pembelajaran menulis berita dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.Referensi
Adinata, A.F. (2019). Pengembangan Media
Pembelajaran Menulis Teks Berita Berbasis
Adobe Animate dengan Teknik Latihan untuk
Siswa SMP Kelas VIII. Semarang: Universitas
Negeri Semarang.
Alfarobby, M.I., dan Parmin. (2012).
Pengembangan Media Video Menulis Berita
Berbasis Literasi Informasi Untuk
Pembelajaran Menulis Teks Berita Bagi Siswa
Kelas VIII SMPN 1 Karangan Trenggalek.
Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur
Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik Edisi
Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. (2008). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
X
Djuraid, H. (2009). Panduan Menulis Berita.
Malang: UMM Press.
Hidayatullah, A. (2017) Pengembangan
Materi Ajar Teks Berita Berbasis SAVI
(Somatis, Auditori, Visual, dan, Intelektual)
dalam Bentuk Media Flash Player untuk Kelas
VIII MTs Al-Falah Bangilan Tuban. Surabaya:
Universitas Negeri Surabaya.
Johnson, Elaine B. 2014. Contextual Teaching
and Learning. Bandung: Mizan Media
Utama.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif
Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan
Metode Pembelajaran yang Menarik dan
Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan
Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Sadiman, A.S. (2010). Media Pendidikan.
Jakarta: Raja Grapindo Persada
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta:
Raja Grapindo Persada
Sari, A. P. (2014). Pengembangan Media
Pembelajaran Berita Berbasis Adobe Flash
CS5 dengan Teknik Latihan dalam
Pembelajaran Menulis Teks Berita untuk
Siswa SMP. Yogyakarta: Universitas Negeri
Yogyakarta.
Semi, M.A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan
Menulis. Bandung: Angkasa.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: PT Alfabet.