PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR

Penulis

  • Pinayungan Dalimunte
  • Yetty Morelent
  • Syofiani .

Kata Kunci:

Media Video, Literasi Informasi, Menulis Teks Berita.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan media video pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar, dan (2) perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa media video pembelajaran menulis berita. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini tentang media video pembelajaran pendapat Arsyad,pendapat Zainurrahman dan Djuraid. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII SMP N 1 Tapung Hulu. Sampel penelitian ini berjumlah 2 kelas dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Kelas VIII- 1 diajar dengan menggunakan media video pembelajaran, sedangkan kelas VIII-3 diajar tanpa media video pembelajaran menulis berita. Objek penelitian ini adalah media video pembelajaran menulis berita. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Hasil penelitian kualitas media video pembelajaran menulis berita baik oleh ahli materi, ahli media, guru bahasa Indonesia, maupun siswa memberikan penilaian dengan kategori yang sangat baik, dan (2) Hasil Belajar Siswa yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran menulis berita (80,00 ± 3,87) ( X ±SD) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa media video pembelajaran menulis berita(68,47 ± 5,92)(t-hitung = 9,772; P = 0,000). Dengan demikian media pembelajaran merupakan sarana yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa. Sehingga proses pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media video pembelajaran menulis berita dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

Referensi

Adinata, A.F. (2019). Pengembangan Media

Pembelajaran Menulis Teks Berita Berbasis

Adobe Animate dengan Teknik Latihan untuk

Siswa SMP Kelas VIII. Semarang: Universitas

Negeri Semarang.

Alfarobby, M.I., dan Parmin. (2012).

Pengembangan Media Video Menulis Berita

Berbasis Literasi Informasi Untuk

Pembelajaran Menulis Teks Berita Bagi Siswa

Kelas VIII SMPN 1 Karangan Trenggalek.

Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur

Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik Edisi

Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. (2008). Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

X

Djuraid, H. (2009). Panduan Menulis Berita.

Malang: UMM Press.

Hidayatullah, A. (2017) Pengembangan

Materi Ajar Teks Berita Berbasis SAVI

(Somatis, Auditori, Visual, dan, Intelektual)

dalam Bentuk Media Flash Player untuk Kelas

VIII MTs Al-Falah Bangilan Tuban. Surabaya:

Universitas Negeri Surabaya.

Johnson, Elaine B. 2014. Contextual Teaching

and Learning. Bandung: Mizan Media

Utama.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif

Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan

Metode Pembelajaran yang Menarik dan

Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan

Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Sadiman, A.S. (2010). Media Pendidikan.

Jakarta: Raja Grapindo Persada

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta:

Raja Grapindo Persada

Sari, A. P. (2014). Pengembangan Media

Pembelajaran Berita Berbasis Adobe Flash

CS5 dengan Teknik Latihan dalam

Pembelajaran Menulis Teks Berita untuk

Siswa SMP. Yogyakarta: Universitas Negeri

Yogyakarta.

Semi, M.A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan

Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: PT Alfabet.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-07