PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA FASE E ELEMEN BHINEKA TUNGGAL IKA BERBASIS TEAM BASED PROJECT
Kata Kunci:
Team Based Project, Modul Ajar, Pendidikan PancasilaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Fase E Elemen Bhineka Tunggal Ika Berbasis Team Based Project di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jenis penelitian adalah metode penelitian pengembagan (Research and development) (R&D) menggunakan model pengembangan 4-D dengan populasi siswa kelas X yang terdiri dari 30 orang siswa. Rancangan penelitian adalah pretest posttest control group design. Pada design ini terdapat dua kelompok yang terpilih secara random sampling yaitu pada fase E. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa. Kelas TKJT merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan modul Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Project. TBSM merupakan kelas kontrol dengan metode ceramah Berdasarkan kategori pembagian N-Gain persen didapatkan nilai rata-rata antara pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 69,83% dengan kategori cukup efektif. N-Gain persen pada kelas kontrol sebesar 44% pada kategori kurang efektif. Dengan demikian, dilihat dari N- Gain persen pada kelas eksperimen penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Projct cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, menunjukkan thitung > ttabel dengan nilai thitung 11,89 dan nilai ttabel sebesar 2,042 pada taraf nyata signifikan 0,025. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dimana penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Projct cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila di SMK Muhammadiyah 1 Padang.Referensi
Dan, K. (n.d.). Sugiyono. (2021).
Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D. Bandung:
ALFABETA.
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022).
Analisis Kurikulum Merdeka
dalam Mengatasi Learning Loss
di Masa Pandemi Covid-19
(Analisis Studi Kasus Kebijakan
Pendidikan). Edukatif : Jurnal
Ilmu Pendidikan, 4(4),
–5161.
https://doi.org/10.31004/edukatif.
v4i4.3106
Maulinda, U. (2022). Pengembangan
Modul Ajar Berbasis Kurikulum
Merdeka. Tarbawi, 5(2),
–138.
Nabila, D. E., & Ariani, Y. (2023).
Pengembangan Multimedia
Interaktif Berbasis Aplikasi Web
Pada Pembelajaran IPAS Di
Kelas IV Sekolah Dasar. Journal
of Basic Education Studies, 6(2).
https://mail.ejurnalunsam.id/index
.php/jbes/article/view/8754
Nasir, R., & Maknun, C. L. (2022).
Refleksi Penilaian Kontribusi
Pada Team-Based Project Secara
Daring. Aksioma, 11(1), 48–56.
https://doi.org/10.22487/aksioma.
v11i1.1905
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D.
(2020). Pengembangan Modul
Ajar Berbantuan Teknologi untuk
Mengembangkan Kecakapan
Abad 21 Siswa. AKSIOMA:
Jurnal Program Studi Pendidikan
Matematika, 9(3), 480.
Homogenitas, U. J. I., & Uji, D. A. N.
(2020). Pengujian persyaratan analisis. 7(1), 50–62.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.292
Nurdyansyah, & Mutala’liah, N.
(2015). Pengembangan Bahan
Ajar Modul Ilmu Pengetahuan
Alambagi Siswa Kelas IV
Sekolah Dasar. Program Studi
Pendidikan Guru Madrasa
Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam
Universitas Muhammadiyah
Sidoarjo, 41(20), 1–15.
Pakpahan, P. L., & Habibah, U.
(2021). Manajemen Program
Pengembangan Kurikulum PAI
dan Budi Pekerti dalam
Pembentukan Karakter Religius
Siswa. Tafkir: Interdisciplinary
Journal of Islamic Education,
(1), 1–20.
https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1
.19
Setiawan, A., Ahla, S. S. F., & Husna,
H. (2020). Konsep Model Inovasi
Kurikulum Kbk, Kbm, Ktsp, K13,
Dan Kurikulum Merdeka
(Literature Review). Jurnal
Pendidikan Dan Pemikiran Islam,
(2), 113–122.
http://conference.kuis.edu.my/pas
ak2017/images/prosiding/nilaiseja
gat/10-MAAD-AHMAD.pdf
Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F.
D., & Nabhan, S. (2022).
Pengembangan Modul Ajar
Kurikulum Merdeka Mata
Pelajaran Bahasa Inggris Smk
Kota Surabaya. Jurnal
Gramaswara, 2(2), 49–62.
https://doi.org/10.21776/ub.grama
swara.2022.002.02.05
Rindiai, D. E., Oktaviani, S.,
Kurniawan, F., Nurdianingsih, N.,
Hebron, G., Wicaksono, A.,
Hendras, Y., & Dokumen, L.
(2013). Statistik Parametrik.
IBM SPSS 22, 1–49.
Sholah, A., & Si, M. (2020).
PENERAPAN KARAKTER
TANGGUNG JAWAB UNTUK
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR PPKn SISWA KELAS
X SMK N 1 BUKITTINGGI
AQIMIS SHOLAH 1) dan Dra.
PEBRIYENNI, M.Si. 2) 1). 15(1),
–46.