PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA FASE E ELEMEN BHINEKA TUNGGAL IKA BERBASIS TEAM BASED PROJECT

Penulis

  • Wandira .
  • Pebriyeni .

Kata Kunci:

Team Based Project, Modul Ajar, Pendidikan Pancasila

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Fase E Elemen Bhineka Tunggal Ika Berbasis Team Based Project di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jenis penelitian adalah metode penelitian pengembagan (Research and development) (R&D) menggunakan model pengembangan 4-D dengan populasi siswa kelas X yang terdiri dari 30 orang siswa. Rancangan penelitian adalah pretest posttest control group design. Pada design ini terdapat dua kelompok yang terpilih secara random sampling yaitu pada fase E. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa. Kelas TKJT merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan modul Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Project. TBSM merupakan kelas kontrol dengan metode ceramah Berdasarkan kategori pembagian N-Gain persen didapatkan nilai rata-rata antara pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 69,83% dengan kategori cukup efektif. N-Gain persen pada kelas kontrol sebesar 44% pada kategori kurang efektif. Dengan demikian, dilihat dari N- Gain persen pada kelas eksperimen penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Projct cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, menunjukkan thitung > ttabel dengan nilai thitung 11,89 dan nilai ttabel sebesar 2,042 pada taraf nyata signifikan 0,025. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dimana penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Projct cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila di SMK Muhammadiyah 1 Padang.

Referensi

Dan, K. (n.d.). Sugiyono. (2021).

Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D. Bandung:

ALFABETA.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022).

Analisis Kurikulum Merdeka

dalam Mengatasi Learning Loss

di Masa Pandemi Covid-19

(Analisis Studi Kasus Kebijakan

Pendidikan). Edukatif : Jurnal

Ilmu Pendidikan, 4(4),

–5161.

https://doi.org/10.31004/edukatif.

v4i4.3106

Maulinda, U. (2022). Pengembangan

Modul Ajar Berbasis Kurikulum

Merdeka. Tarbawi, 5(2),

–138.

Nabila, D. E., & Ariani, Y. (2023).

Pengembangan Multimedia

Interaktif Berbasis Aplikasi Web

Pada Pembelajaran IPAS Di

Kelas IV Sekolah Dasar. Journal

of Basic Education Studies, 6(2).

https://mail.ejurnalunsam.id/index

.php/jbes/article/view/8754

Nasir, R., & Maknun, C. L. (2022).

Refleksi Penilaian Kontribusi

Pada Team-Based Project Secara

Daring. Aksioma, 11(1), 48–56.

https://doi.org/10.22487/aksioma.

v11i1.1905

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D.

(2020). Pengembangan Modul

Ajar Berbantuan Teknologi untuk

Mengembangkan Kecakapan

Abad 21 Siswa. AKSIOMA:

Jurnal Program Studi Pendidikan

Matematika, 9(3), 480.

Homogenitas, U. J. I., & Uji, D. A. N.

(2020). Pengujian persyaratan analisis. 7(1), 50–62.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.292

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N.

(2015). Pengembangan Bahan

Ajar Modul Ilmu Pengetahuan

Alambagi Siswa Kelas IV

Sekolah Dasar. Program Studi

Pendidikan Guru Madrasa

Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah

Sidoarjo, 41(20), 1–15.

Pakpahan, P. L., & Habibah, U.

(2021). Manajemen Program

Pengembangan Kurikulum PAI

dan Budi Pekerti dalam

Pembentukan Karakter Religius

Siswa. Tafkir: Interdisciplinary

Journal of Islamic Education,

(1), 1–20.

https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1

.19

Setiawan, A., Ahla, S. S. F., & Husna,

H. (2020). Konsep Model Inovasi

Kurikulum Kbk, Kbm, Ktsp, K13,

Dan Kurikulum Merdeka

(Literature Review). Jurnal

Pendidikan Dan Pemikiran Islam,

(2), 113–122.

http://conference.kuis.edu.my/pas

ak2017/images/prosiding/nilaiseja

gat/10-MAAD-AHMAD.pdf

Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F.

D., & Nabhan, S. (2022).

Pengembangan Modul Ajar

Kurikulum Merdeka Mata

Pelajaran Bahasa Inggris Smk

Kota Surabaya. Jurnal

Gramaswara, 2(2), 49–62.

https://doi.org/10.21776/ub.grama

swara.2022.002.02.05

Rindiai, D. E., Oktaviani, S.,

Kurniawan, F., Nurdianingsih, N.,

Hebron, G., Wicaksono, A.,

Hendras, Y., & Dokumen, L.

(2013). Statistik Parametrik.

IBM SPSS 22, 1–49.

Sholah, A., & Si, M. (2020).

PENERAPAN KARAKTER

TANGGUNG JAWAB UNTUK

MENINGKATKAN HASIL

BELAJAR PPKn SISWA KELAS

X SMK N 1 BUKITTINGGI

AQIMIS SHOLAH 1) dan Dra.

PEBRIYENNI, M.Si. 2) 1). 15(1),

–46.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-21