PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA

Penulis

  • Nasiha Alzakia
  • Karmila Suryani

Kata Kunci:

E-Modul, Profil Pelajar Pancasila, Android

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul bermuatan profil pelajar pancasila berbasis android pada mata pelajaran informatika yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah (Research dan Development). Peneliti menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop,dan disseminate, pengembangan e-modul ini melaksanakan 3 dari 4 langkah ada pada model pengembangan 4-D yaitu define, design, dan develop tanpa melakukan penyebarluasan (disseminate). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli media, ahli materi, serta lembar praktikalitas yaitu angket yang diberikan siswa. Analisis validitas e-modul divalidasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Sedangkan analisis praktikalitas e-modul diuji cobakan pada 32 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai 87% untuk ahli media dan ahli materi 82% dengan kriteria valid, serta nilai praktikalitas siswa diperoleh 82% dengan kriteria praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa e-modul bermuatan profil pelajar pancasila berbasis android pada mata pelajaran informatika valid dan praktis sebagai bahan ajar materi berfikir komputasional pada siswa kelas X TKJ1 SMKN 4 Payakumbuh.

Referensi

D. Fitriah And M. U. Mirianda,

“Kesiapan Guru Dalam Menghadapi

Tantangan Pendidikan Berbasis

Teknologi,” In Prosiding Seminar

Nasional Program Pascasarjana

Universitas Pgri Palembang, 2019.

E. Wibowo, Development Of E-Module

Teaching Materials Using The Kvisoft

Flipbook Maker Application. 2018.

[Online]. Available:

Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/34

/1/Skripsi Fix Edi.Pdf

O. Arifudin, A. Mayasari, And U.

Ulfah, “Implementasi Balanced

Scorecard Dalam Mewujudkan

Pendidikan Tinggi World Class,”

Edumaspul J. Pendidik., Vol. 5, No. 2,

Pp. 767–775, 2021.

B. Muqdamien, U. Umayah, J. Juhri,

And D. P. Raraswaty, “Tahap Definisi

Dalam Four-D Model Pada Penelitian

Research & Development (R&D) Alat

Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk

Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan

Matematika Anak Usia 5-6 Tahun,”

Intersections, Vol. 6, No. 1, Pp. 23–33,

, Doi:

47200/Intersections.V6i1.589.

N. Purwanto, “Prinsip-Prinsip Dan

Teknik Evaluasi Pembelajaran,”

Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Y. A. Rofiyadi And S. L. Handayani,

“Pengembangan Aplikasi E-Modul

Interaktif Berbasis Android Materi

Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas

V Sekolah Dasar,” Jpdi (Jurnal

Pendidik. Dasar Indones., Vol. 6, No.

, P. 54, 2021.

S. Astri, “Pengembangan Modul

Biologi Berbasis Stem (Science

Technology Engineering And

Mathematich) Pada Peserta Didik Man

Lampung Barat.” Uin Raden Intan

Lampung, 2021.

M. W. C. Raharjo, S. Suryati, And Y.

Khery, “Pengembangan E-Modul

Interaktif Menggunakan Adobe Flash

Pada Materi Ikatan Kimia Untuk

Mendorong Literasi Sains Siswa,”

Hydrog. J. Kependidikan Kim., Vol. 5,

No. 1, Pp. 8–13, 2017

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30