PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA
Kata Kunci:
E-Modul, Profil Pelajar Pancasila, AndroidAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul bermuatan profil pelajar pancasila berbasis android pada mata pelajaran informatika yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah (Research dan Development). Peneliti menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop,dan disseminate, pengembangan e-modul ini melaksanakan 3 dari 4 langkah ada pada model pengembangan 4-D yaitu define, design, dan develop tanpa melakukan penyebarluasan (disseminate). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli media, ahli materi, serta lembar praktikalitas yaitu angket yang diberikan siswa. Analisis validitas e-modul divalidasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Sedangkan analisis praktikalitas e-modul diuji cobakan pada 32 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai 87% untuk ahli media dan ahli materi 82% dengan kriteria valid, serta nilai praktikalitas siswa diperoleh 82% dengan kriteria praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa e-modul bermuatan profil pelajar pancasila berbasis android pada mata pelajaran informatika valid dan praktis sebagai bahan ajar materi berfikir komputasional pada siswa kelas X TKJ1 SMKN 4 Payakumbuh.Referensi
D. Fitriah And M. U. Mirianda,
“Kesiapan Guru Dalam Menghadapi
Tantangan Pendidikan Berbasis
Teknologi,” In Prosiding Seminar
Nasional Program Pascasarjana
Universitas Pgri Palembang, 2019.
E. Wibowo, Development Of E-Module
Teaching Materials Using The Kvisoft
Flipbook Maker Application. 2018.
[Online]. Available:
Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/34
/1/Skripsi Fix Edi.Pdf
O. Arifudin, A. Mayasari, And U.
Ulfah, “Implementasi Balanced
Scorecard Dalam Mewujudkan
Pendidikan Tinggi World Class,”
Edumaspul J. Pendidik., Vol. 5, No. 2,
Pp. 767–775, 2021.
B. Muqdamien, U. Umayah, J. Juhri,
And D. P. Raraswaty, “Tahap Definisi
Dalam Four-D Model Pada Penelitian
Research & Development (R&D) Alat
Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk
Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan
Matematika Anak Usia 5-6 Tahun,”
Intersections, Vol. 6, No. 1, Pp. 23–33,
, Doi:
47200/Intersections.V6i1.589.
N. Purwanto, “Prinsip-Prinsip Dan
Teknik Evaluasi Pembelajaran,”
Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Y. A. Rofiyadi And S. L. Handayani,
“Pengembangan Aplikasi E-Modul
Interaktif Berbasis Android Materi
Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas
V Sekolah Dasar,” Jpdi (Jurnal
Pendidik. Dasar Indones., Vol. 6, No.
, P. 54, 2021.
S. Astri, “Pengembangan Modul
Biologi Berbasis Stem (Science
Technology Engineering And
Mathematich) Pada Peserta Didik Man
Lampung Barat.” Uin Raden Intan
Lampung, 2021.
M. W. C. Raharjo, S. Suryati, And Y.
Khery, “Pengembangan E-Modul
Interaktif Menggunakan Adobe Flash
Pada Materi Ikatan Kimia Untuk
Mendorong Literasi Sains Siswa,”
Hydrog. J. Kependidikan Kim., Vol. 5,
No. 1, Pp. 8–13, 2017