PERANCANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 5 PELEPAT BUNGO

Penulis

  • Zulfi Syahlina Pebriani

Kata Kunci:

Evaluasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Microsoft Excel

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem evaluasi pembelajaran pada kurikulum merdeka untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pelepat Bungo. Sistem ini dapat membantu sekolah dalam proses perekapan dan pengolahan data nilai yang masih menggunakan alat bantu dan menggunakan metode pengolahan secara manual. Dalam pengembangan sistem evaluasi pembelajaran ini digunakan metode SDLC (System Development Lifecycle) dengan model prototype. Metode studi lapangan dan studi pustaka digunakan untuk pengumpulan data. Sistem informasi ini dibuat menggunakan microsoft excel. Pengujian sistem dilakukan dengan menguji aspek functionality dan usability dengan menggunakan metode uji black box testing. Hasil pengujian sistem informasi yang dikembangkan memperoleh hasil nilai functionality sebesar 1 (Sangat Baik), dan pengujian aspek usability memperoleh hasil dengan persentase 85% (Sangat Layak). Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun berhasil membantu sekolah mengatasi permasalahan manual dalam pengolahan nilai kurikulum merdeka dan layak serta siap pakai berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan.

Referensi

D. Rahmadayanti and A. Hartoyo,

“Potret kurikulum merdeka,

wujud merdeka belajar di sekolah

dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4,

pp. 7174–7187, 2022.

R. Rahayu, R. Rosita, Y. S.

Rahayuningsih, A. H. Hernawan,

and P. Prihantini, “Implementasi

Kurikulum Merdeka Belajar di

Sekolah Penggerak,” J. basicedu,

vol. 6, no. 4, pp. 6313–6319,

Y. Indarta, N. Jalinus, W.

Waskito, A. D. Samala, A. R.

Riyanda, and N. H. Adi,

“Relevansi kurikulum merdeka

belajar dengan model

pembelajaran abad 21 dalam

perkembangan era society 5.0,”

Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4,

no. 2, pp. 3011–3024, 2022.

L. Idrus, “Evaluasi dalam proses

pembelajaran,” Adaara J. Manaj.

Pendidik. Islam, vol. 9, no. 2, pp.

–935, 2019.

P. M. Pendidikan, R.

Kebudayaan, and D. T. R. I.

Nomor, “Tahun 2022 Tentang

Standar Penilaian Pendidikan

Pada Pendidikan Anak Usia

Dini,” Jenjang Pendidik. Dasar,

dan Jenjang Pendidik. Menengah,

AD.

I. Warsah and H. Habibullah,

“Implementasi Evaluasi Hasil

Belajar Pendidikan Agama Islam

di Madrasah,” J. Educ. Instr., vol.

, no. 1, pp. 213–225, 2022.

C. Kartiko, “Evaluasi kualitas

aplikasi web pemantau

menggunakan model pengujian

perangkat lunak ISO/IEC 9126,”

J. Nas. Tek. Elektro Dan Teknol.

Inf., vol. 8, no. 1, pp. 16–23,

N. Purwanto, “Prinsip-prinsip dan

teknik evaluasi pembelajaran,”

Bandung: Remaja Rosdakarya,

I. Ghozali, “Aplikasi analisis

multivariete SPSS 25.” Semarang:

Universitas Diponegoro, 2018.

A. S. Saragih, “Sistem informasi

perpustakaan sekolah berbasis

visual basic di smk

muhammadiyah 2 moyudan,”

Univ. Negeri Yogyakarta, 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30