PERANCANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 5 PELEPAT BUNGO
Kata Kunci:
Evaluasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Microsoft ExcelAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem evaluasi pembelajaran pada kurikulum merdeka untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pelepat Bungo. Sistem ini dapat membantu sekolah dalam proses perekapan dan pengolahan data nilai yang masih menggunakan alat bantu dan menggunakan metode pengolahan secara manual. Dalam pengembangan sistem evaluasi pembelajaran ini digunakan metode SDLC (System Development Lifecycle) dengan model prototype. Metode studi lapangan dan studi pustaka digunakan untuk pengumpulan data. Sistem informasi ini dibuat menggunakan microsoft excel. Pengujian sistem dilakukan dengan menguji aspek functionality dan usability dengan menggunakan metode uji black box testing. Hasil pengujian sistem informasi yang dikembangkan memperoleh hasil nilai functionality sebesar 1 (Sangat Baik), dan pengujian aspek usability memperoleh hasil dengan persentase 85% (Sangat Layak). Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun berhasil membantu sekolah mengatasi permasalahan manual dalam pengolahan nilai kurikulum merdeka dan layak serta siap pakai berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan.Referensi
D. Rahmadayanti and A. Hartoyo,
“Potret kurikulum merdeka,
wujud merdeka belajar di sekolah
dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4,
pp. 7174–7187, 2022.
R. Rahayu, R. Rosita, Y. S.
Rahayuningsih, A. H. Hernawan,
and P. Prihantini, “Implementasi
Kurikulum Merdeka Belajar di
Sekolah Penggerak,” J. basicedu,
vol. 6, no. 4, pp. 6313–6319,
Y. Indarta, N. Jalinus, W.
Waskito, A. D. Samala, A. R.
Riyanda, and N. H. Adi,
“Relevansi kurikulum merdeka
belajar dengan model
pembelajaran abad 21 dalam
perkembangan era society 5.0,”
Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4,
no. 2, pp. 3011–3024, 2022.
L. Idrus, “Evaluasi dalam proses
pembelajaran,” Adaara J. Manaj.
Pendidik. Islam, vol. 9, no. 2, pp.
–935, 2019.
P. M. Pendidikan, R.
Kebudayaan, and D. T. R. I.
Nomor, “Tahun 2022 Tentang
Standar Penilaian Pendidikan
Pada Pendidikan Anak Usia
Dini,” Jenjang Pendidik. Dasar,
dan Jenjang Pendidik. Menengah,
AD.
I. Warsah and H. Habibullah,
“Implementasi Evaluasi Hasil
Belajar Pendidikan Agama Islam
di Madrasah,” J. Educ. Instr., vol.
, no. 1, pp. 213–225, 2022.
C. Kartiko, “Evaluasi kualitas
aplikasi web pemantau
menggunakan model pengujian
perangkat lunak ISO/IEC 9126,”
J. Nas. Tek. Elektro Dan Teknol.
Inf., vol. 8, no. 1, pp. 16–23,
N. Purwanto, “Prinsip-prinsip dan
teknik evaluasi pembelajaran,”
Bandung: Remaja Rosdakarya,
I. Ghozali, “Aplikasi analisis
multivariete SPSS 25.” Semarang:
Universitas Diponegoro, 2018.
A. S. Saragih, “Sistem informasi
perpustakaan sekolah berbasis
visual basic di smk
muhammadiyah 2 moyudan,”
Univ. Negeri Yogyakarta, 2017.