PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH DASAR ELEKTRONIKA DI PERGURUAN TINGGI
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Android, Dasar ElektronikaAbstrak
Penelitian ini di latar belakangi karena belum adanya media pembelajaran berbasis android pada Mata Kuliah Dasar Elektronika di perguruan tinggi sedangkan mahasiswa sudah menggunakan smartphone tetapi penggunaannya belum dioptimalkan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada Mata Kuliah Dasar Elektronika di Perguruan Tinggi yang valid dan praktis. Media Pembelajaran ini dapat membantu Perguruan Tinggi untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis android yang masih menggunakan modul cetak. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Produk ini divalidasi oleh 2 validator, yaitu validator ahli media dan validator ahli materi. Hasil penilaian validitas media dari validator ahli media dengan persentase 92% (Sangat Valid), dan hasil penilaian validitas materi dari validator ahli materi dengan persentase 90% (Sangat Valid). Hasil uji praktikalitas media pembelajaran yang dikembangkan di uji cobakan kepada mahasiswa PTIK Angkatan 2023 dengan jumlah 24 orang memperoleh hasil dengan persentase 93% (Sangat Praktis). Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada Mata Kuliah Dasar Elektronika di Perguruan Tinggi Sangat Valid dan Sangat Praktis.Referensi
M. Faqih, “Efektivitas Penggunaan
Media Pembelajaran Mobile Learning
Berbasis Android,” Konfiks J. Bhs. Dan
Sastra Indones., vol. 7, no. 2, pp. 27–34,
, doi: 10.26618/konfiks.v7i2.4556.
B. Helmi and R. Aditya,
“Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Android pada Mata Kuliah
Senam,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol.
, no. 2, pp. 156–162, 2020, doi:
24036/jpte.v3i2.208.
A. D. Sutiasih and R. P. Saputri,
“Pengembangan Mobile Learning
Berbasis Android Sebagai Media
Pembelajaran Organisasi Arsitektur
Komputer,” J. Pendidik. Ekon., vol. 6,
no. 2, pp. 137–147, 2019, [Online].
Available:
https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/
article/view/27772
A. Akbar and N. Noviani, “Tantangan
Dan Solusi dalam Perkembangan
Teknologi Pendidikan di Indonesia,”
Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr.
Pascasarj. Univ. Pgri Palembang, vol.
, no. 1, pp. 18–25, 2019.
M. Aspi, “Profesional Guru Dalam
Menghadapi Tantangan Perkembangan
Teknologi Pendidikan,” ADIBA J.
Educ., vol. 2, no. 1, pp. 64–73, 2022.
D. Effendi and A. Wahidy,
“Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses
Pembelajaran Menuju Pembelajaran
Abad 21,” Pros. Semin. Nas. Pendidik.
Progr. Pascasarj. Univ. PGRI
Palembnag, pp. 125–129, 2019.
K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra,
“Respon Siswa Terhadap
Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Android,” J.
Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 1, p.
, 2020, doi: 10.23887/jpk.v4i1.24981.
A. Arif and R. Mukhaiyar,
“Pengembangan Multimedia Interaktif
pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan
Elektronika Kelas X Teknik Instalasi
Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah
Padang,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro
dan Vokasional), vol. 6, no. 1, p. 114,
, doi: 10.24036/jtev.v6i1.107717.
Sugiyono, Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.
M. Jahiri, I. I. Diana Yusuf, and
Henderi, “Penerapan E-Learning
sebagai Media Pembelajaran Berbasis
Aplikasi Android Menggunakan
Metode Research and Development,”
Technomedia J., vol. 8, no. 2SP, pp.
–275, 2023, doi:
33050/tmj.v8i2sp.2096