PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH DASAR ELEKTRONIKA DI PERGURUAN TINGGI

Penulis

  • Khairani .
  • Ade Fitri Rahmadani

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Android, Dasar Elektronika

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi karena belum adanya media pembelajaran berbasis android pada Mata Kuliah Dasar Elektronika di perguruan tinggi sedangkan mahasiswa sudah menggunakan smartphone tetapi penggunaannya belum dioptimalkan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada Mata Kuliah Dasar Elektronika di Perguruan Tinggi yang valid dan praktis. Media Pembelajaran ini dapat membantu Perguruan Tinggi untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis android yang masih menggunakan modul cetak. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Produk ini divalidasi oleh 2 validator, yaitu validator ahli media dan validator ahli materi. Hasil penilaian validitas media dari validator ahli media dengan persentase 92% (Sangat Valid), dan hasil penilaian validitas materi dari validator ahli materi dengan persentase 90% (Sangat Valid). Hasil uji praktikalitas media pembelajaran yang dikembangkan di uji cobakan kepada mahasiswa PTIK Angkatan 2023 dengan jumlah 24 orang memperoleh hasil dengan persentase 93% (Sangat Praktis). Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada Mata Kuliah Dasar Elektronika di Perguruan Tinggi Sangat Valid dan Sangat Praktis.

Referensi

M. Faqih, “Efektivitas Penggunaan

Media Pembelajaran Mobile Learning

Berbasis Android,” Konfiks J. Bhs. Dan

Sastra Indones., vol. 7, no. 2, pp. 27–34,

, doi: 10.26618/konfiks.v7i2.4556.

B. Helmi and R. Aditya,

“Pengembangan Media Pembelajaran

Berbasis Android pada Mata Kuliah

Senam,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol.

, no. 2, pp. 156–162, 2020, doi:

24036/jpte.v3i2.208.

A. D. Sutiasih and R. P. Saputri,

“Pengembangan Mobile Learning

Berbasis Android Sebagai Media

Pembelajaran Organisasi Arsitektur

Komputer,” J. Pendidik. Ekon., vol. 6,

no. 2, pp. 137–147, 2019, [Online].

Available:

https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/

article/view/27772

A. Akbar and N. Noviani, “Tantangan

Dan Solusi dalam Perkembangan

Teknologi Pendidikan di Indonesia,”

Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr.

Pascasarj. Univ. Pgri Palembang, vol.

, no. 1, pp. 18–25, 2019.

M. Aspi, “Profesional Guru Dalam

Menghadapi Tantangan Perkembangan

Teknologi Pendidikan,” ADIBA J.

Educ., vol. 2, no. 1, pp. 64–73, 2022.

D. Effendi and A. Wahidy,

“Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses

Pembelajaran Menuju Pembelajaran

Abad 21,” Pros. Semin. Nas. Pendidik.

Progr. Pascasarj. Univ. PGRI

Palembnag, pp. 125–129, 2019.

K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra,

“Respon Siswa Terhadap

Pengembangan Media Pembelajaran

Interaktif Berbasis Android,” J.

Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 1, p.

, 2020, doi: 10.23887/jpk.v4i1.24981.

A. Arif and R. Mukhaiyar,

“Pengembangan Multimedia Interaktif

pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan

Elektronika Kelas X Teknik Instalasi

Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah

Padang,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro

dan Vokasional), vol. 6, no. 1, p. 114,

, doi: 10.24036/jtev.v6i1.107717.

Sugiyono, Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

M. Jahiri, I. I. Diana Yusuf, and

Henderi, “Penerapan E-Learning

sebagai Media Pembelajaran Berbasis

Aplikasi Android Menggunakan

Metode Research and Development,”

Technomedia J., vol. 8, no. 2SP, pp.

–275, 2023, doi:

33050/tmj.v8i2sp.2096

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30