ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (STUDI KASUS DI SMA PERTIWI 1 PADANG)

Penulis

  • Annisa Hisfiani
  • Rona Taula Sari

Kata Kunci:

Peduli Lingkungan, Adiwiyata, Implementasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi program Adiwiyata dengan analisis sikap peduli lingkungan siswa kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian bersifat deskriptif kuantitatif yang menggambarkan variabel secara apa adanya yang didukung dengan data-data berupa angka yang diperoleh dari keadaan sebenarnya. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Intrumen yang digunakan adalah angket dari sikap kepedulian siswa pada lingkungan menggunakan skala likert. Hasil validasi instrumen menurut ahli bahasa sebesar 4,2 dan ahli konten dengan nilai 4,4 dengan sama-sama dikategorikan sangat valid. Hasil reabilitas bernilai sebesar 0,941. Hasil penelitian diperoleh bahwa SMA Pertiwi 1 padang melaksanakan program Adiwiyata berdasarkan empat indikator yakni (1) kebijakan berwawasan lingkungan, (2) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, (3) kegiatan lingkungan berbasis partisipasif, (4) pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan dan meningkat karakter peduli lingkungan siswa pada nilai sebesar 80% dengan kategori aktif. Pada indikator pertama memelihara lingkungan kelas terdapat nilai 77% yang di kategorikan aktif, selanjutnya, pada indikator kedua kegiatan partisipatif dalam berbasis lingkungan terdapat nilai 79% yang kategorikan aktif, indikator ketiga tentang kurikulum berbasis lingkungan dan pengelolaan sarana dan prasarana ramah lingkungan bernilai 80% yang dikategorikan aktif dan indikator keempat pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah yang bernilai 82% dikategorikan sangat aktif.

Referensi

Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman tentang lingkungan berkelanjutan. Modul, 18(2),

-82.

Megasari, R. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas

Pembelajaran di SMP 5 Bukittinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 636–831.

Pahru, S., & Hitipeuw, I. (2021). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter

Peduli Lingkungan (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Sari, N. (2022). Partisipasi Masyarakat dalam Program Kampung KB Selama Covid-19 Ditinjau dari Fungsi

Keluarga di Kota Dumai. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 2(2), 179-186.

Saputri, y. E., ardhyantama, v., & mustofa, a. (2024). Karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar:

studi kasus pada siswa kelas 1 sd negeri menadi (doctoral dissertation, stkip pgri pacitan).

Silvia, E. D. E., & Tirtoni, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pendidikan Karakter

Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata. Visipena, 13(2), 130-144.

Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (D. Sutopo. S. Pd, MT, Ir. Bandung:

Alfabeta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-05