PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 10 PARIT BATU KABUPATEN PASAMAN
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang ditemukan dalam pembelajaran IPS yang berhubungan dengan aktivitas dan hasil belajar yaitu: siswa kurang terlibat dalam pemecahan masalah, siswa lebih banyak menjadi pendengar, siswa kurang terlatih menggali dan menemukan jawaban dari permasalahan, siswa kurang mendapat pengalaman belajar dan hasil belajar dan siswa banyak yang memperoleh nilai dibawah KKM. Metode Inside-Outside Circle dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini.
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa saat mengajukan pertanyaan, mengemukakan pendapat, membuat rangkuman dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian adalah PTK yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Instrumen penelitian adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian metode Inside-Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini terlihat pada persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 18,75%, sedangkan pada siklus II Â 100%; dan juga tampak dari rata-rata skor tes, yaitu pada siklus I 54,62 sedangkan pada siklus II yaitu 73,44 Dapat disimpulkan bahwa melalui Metode Inside-Outside Circle dalam Pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Â
Â
Kata kunci:Â Inside-Outside Circle, IPS