DEVELOPMENT OF BIOLOGY LEARNING MEDIA BASED ON MACROMEDIA FLASH : VALIDITY AND PRACTICALITY
Kata Kunci:
Nilai validitas dan praktikalitas , Macromedia flashAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia berbasis macromedia flash pada materi kingdom animalia untuk siswa kelas X SMA serta mengetahui validitas dan praktikalitas multimedia berbasis macromedia flash pada materi kingdom animalia untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan 3 tahapan dari model pengembangan 4-D models yaitu define (pendefisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang validator, dan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dan 30 orang siswa kelas X E.1 SMAN 1 XIII Koto Kampar. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, dan analisis secara deskriptif. Pengembangan macromedia flash yang dihasilkan dinyatakan sangat valid oleh validator baik dari variabel kelayakan isi, bentuk media, dan kebahasaan dengan nilai 91,99% . sedangkan untuk praktikalitas diperoleh hasil sangat praktis oleh guru dengan nilai 89,00% dan uji praktikalitas oleh siswa dengan nilai 88,68% dengan kategori sangat praktis, baik dari segi minat siswa, proses penggunaan, peningkatan keaktifan siswa, waktu penggunaan, dan evaluasi. sehingga dapat dinyatakan bahwa multimedia ini sangat valid dan sangat praktis.Referensi
Batul, R. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Kompetensi Dasar
Menerapkan Promosi Produk Kelas X Bisnis Daring Dan Pemasaran Smk Negeri 2 Blitar.
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3).
Darmawan, S. L., & Sari, O. W. (2020). The Use Of Macromedia Flash Player As Media To Improve
Students’ Reading Skill. 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.34005/lingua.v16i2.1171
Mudyahardjo, R. (2016). Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan
pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Rajawali Pers.
Sanaky, H. A. (2015). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif . Kaukaba Dirpantara
Suryani, N. (2018). Utilization of digital media to improve the quality and attractiveness of the
teaching of history. The 2nd International Conference On Teacher Training and Education,
(1), 131–144.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Safitri, S. L. D. A., Rohmah, D. Z., Aryani, H. I., Rahayu, S., Tino, A. H., & Hilyana, F. S. (2023).
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromediaflash Untuk
Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 7(4), 2576-2582