VARIASI DAN REGISTER BAHASA GAME ONLINE MOBILE LEGEND DI KALANGAN REMAJA KORONG LANTAK MINGKUDU KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Penulis

  • M Nizam Jamil
  • M. Sayuti

Kata Kunci:

variasi, register, bahasa, dan fungsi bahasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa di kalangan remaja Korong Lantak Mingkudu dalam bermain game online mobile legend. Teori ini merupakan pendapat ( Halliday,1992), yang menyatakan register bahasa dibagi menjadi dua macam, yaitu register selingkung terbatas dan register selingkung terbuka. Teori acuan selanjutnya dikemukan oleh (Tarigan, 2009:5) memaparkan tujuh fungsi bahasa instrumental, regulasi, representasional, interaksional, personal, heuristik dan imajinatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah data yang berwujud kata yang terdapat pada interaksi komunikaasi game online mobile legend di kalangan remaja korong Lantak Mingkudu Kabupaten Padang Pariaman. Isntrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dilengkapi dengan alat-alat perekam suara smartphone serta format untuk pencatatan. Teknik yang digunakan pengumpulan data dengan cara: (1) peneliti menentukan sumber data dan obsevasi awal, (2) peneliti menentukan informan serta pengumpulan data dari beberapa kali pertemuan dengan masing-masing informan pada setiap babak dalam permainan agar peneliti mudah mendapatkan informasi yang lebih akurat, (3) peneliti menyalakan perekam suara (smartphone) dan melakukan pengamatan hingga selesai. Data dianalisis berlandaskan dari register bahasa dan fungsi bahasa game mobile legend di kalangan remaja korong Lantak Mingkudu. Landasan dari analisis data ditemukan 67 data register bahasa dan 67 data fungsi bahasa game mobile legend di kalangan remaja korong Lantak Mingkudu, yaitu dalam register bahasa ditemukan 40 data register selingkung terbatas dan 27 register selingkung terbuka. Dalam fungsi bahasa ditemukan 4 data instrumental, 4 data representasional, 15 interaksional, 26 data personal dan 18 data imajinatif. Berlandasan dari hasil penelitian disimpulkan bahwa bahasa yang digunakan dalam game mobile legend ada beberapa yang dapat bisa dipahami oleh orang lain dan ada juga hanya bisa dipahami oleh pengguna yang memainkan game tersebut tetapi orang yang tidak pernah memainkan game mobile legend sulit untuk memahami bahasa dalam game mobile legend.

Referensi

Baso, M. S. B. (2023). Penggunaan

Bahasa Pada Permainan Game Online

Pubg Anak Umur 10-12 Kelurahan

Jaya Kecamatan Tellu Wanua Kota

Palopo (Doctoral dissertation, Institut

Agama Islam Negeri Palopo)..

Goenawan,MA,(2017),sampai kapan

mobile legend digandrung

?https://inet.detik.com/games-news/d3611597/sampai-kapan-mobile-legendsdigandrungi.detik/, (terbit Rabu, 23

Agustus 2017 16:22 WIB).

Handayani, R. (2018). Analisa Aktivitas

Fandom Mobile Legend Indonesia

Dalam Membangun Struktur Komoditas

Baru (Studi Tentang Media Baru). AlMUNZIR, 11(1), 141-162.

Halliday, M. A. K., Ramlan, M., Hasan,

R., & Tou, A. B. (1992). Bahasa,

konteks, dan teks: aspek-aspek bahasa

dalam pandangan semiotik sosial.

Gadjah Mada University Press

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-01