PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SMP DI KECAMATAN BATANG KAPAS KABUPATEN PESISIR SELATAN

Penulis

  • Nedi Patrawandi
  • . Yusrizal
  • . Nurharmi

Abstrak

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi kurangnya karakter yang ditunjukan oleh masyarakat dan pejabat pemerintahan di Indonesia seperti tingginya tingkat kejahatan dan meningkatnya korupsi. Penelitian ini mengkaji tentang peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pengembangan karakter siswa SMP : 1. Karakter cinta tanah air, 2. Karakter peduli sosial, 3. Karakter bersahabat, 4. Implementasi karakter oleh peserta didik. Jenis penelitian deskriktif, menggunakan “proportional stratified random sampling”, instrumen penelitian wawancara, angket dan dokumentasi, menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian dari peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan, dalam : 1. Pengembangan karakter cinta tanah air, melalui a. Proses pembelajaran dikategorikan cukup baik dengan persentase 42,98%, b. Kegiatan ekstrakulikuler dikategorikan baik dengan persentase 42,34%. 2. Pengembangan karakter peduli sosial, melalui a. Proses pembelajaran dikategorikan cukup baik dengan persentase 45,11%, b. Kegiatan ekstrakulikuler dikategorikan cukup baik dengan persentase 46,81%. 3. Pengembangan karakter bersahabat, melalui a. Proses pembelajaran dikategorikan cukup baik dengan persentase 48,30%, b. Kegiatan ekstrakulikuler dikategorikan cukup baik dengan persentase 44,04%. 4. Peserta didik telah mengamalkan karakter yang terkandung dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan Kewarganegaraan telah berhasil dalam pengembangan karakater siswa seperti dalam proses pembelajran dan kegiatan ekstrakulikuler di sekolah.

Kata Kunci: Peranan, Karakter, Pendidikan Kewaarganegaraan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-03-14