PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KERINCI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL)

Penulis

  • Natasia Astrianzah
  • Syofiani .

Kata Kunci:

Menulis Teks Berita, Project Based Learning (PjBL), Media Audio Visual

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di latarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa kelas VII SMPN 3 Kerinci dalam kegiatan menulis teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan dan peningkatan kemampuan menulis teks berita berbantuan media audio visual dengan model Project Based Learning (PjBL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Kerinci yang berjumlah 14 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes kemampuan menulis teks berita. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I analisis aktivitas guru sebanyak 80,5 % meningkat pada siklus II menjadi 95,5 %. sedangkan analisis aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 78% meningkat pada siklus II menjadi 91,5%, dan hasil belajar kemampuan menulis teks berita pada siklus I diperoleh ratarata nilai 75,3 dengan ketuntasan klasikal 64% meningkat pada siklus II menjadi rata-rata nilai 90,3 dengan ketuntasan klasikal 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 3 Kerinci..

Referensi

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021).

Analisis Penggunaan Model

Pembelajaran Project Based Learning

dalam Peningkatan KeaktifanSiswa.

Jurnal Pendidikan Administrasi

Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.

Arikunto, S., Suhardjo., & Supardi (2013).

Pengembangan Instrumen Penelitian dan

Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka

Belajar.

Bangun, E. P., Koagouw, F. V., & Kalangi, J.

S. (2019). Analisis Isi Unsur Kelengkapan

Berita pada Media Online

manadopostonline. com. Acta Diurna

Komunikasi, 1(3).

Budayatna, Muhammad. (2016). Jurnalistik

Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Hamson, Zulkarnain. (2020). "Mencerna Fakta

dalam Berita.": 17-22.

Helaludin, & Awalludin. (2020). Keterampilan

Menulis Akademik. Banten: MediaMadani.

Lestari, S & Yuwono, Agung, M. (2022).

Choaching Untuk Meningkatkan

Kemampuan Guru dalam Menerapkan

Pembelajaran Berbasis projek (Project

Based Learning). Jawa Timur: Kun

Fayakun.

Mulyati, Y. (2014). Hakikat Keterampilan

Berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal,1

Permendikbud, R. I. (2014). Nomor 103 tahun

tentang Pembelajaran pada

Pendidikan Dasar dan Pendidikan

Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Ramli, Muhammad. (2012). Media dan

Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin:

IAIN Antasari Press.

Rasinta, E. (2019). Peningkatan Kemampuan

Berpikir Kreatif melalui Model

Pembelaran Discovery Learning pada

Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP

Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal

Education and Development, 7(4), 223-

Safitri, M. D., & Septiana, I. (2023). Dalam

Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi

pada Siswa Kelas Xi. Metamorfosis Jurnal

Bahasa, Sastra Indonesia dan

Pengajarannya, 16(1), 11-24.

Salam. (2022). Perencanaan Pembelajaran

Bahasa Indonesia. Bantul: Mata Kata

Inspirasi.

Suparno, & Yunus, M.(2007). Keterampilan

Dasar Menulis. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Wajuwibiwo, Seto, I. (2019). Pengantar

Jurnalistik Teknik Penulisan Berita,

Artikel & Featur. Banten: Lokomedia.

Yarmi, G. (2017). Pembelajaran Menulis di

Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu

Pendidikan, 31(1), 1-6.

Yunus, Mohamad. (2014). Keterampilan

Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-01