PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KERINCI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL)
Kata Kunci:
Menulis Teks Berita, Project Based Learning (PjBL), Media Audio VisualAbstrak
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di latarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa kelas VII SMPN 3 Kerinci dalam kegiatan menulis teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan dan peningkatan kemampuan menulis teks berita berbantuan media audio visual dengan model Project Based Learning (PjBL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Kerinci yang berjumlah 14 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes kemampuan menulis teks berita. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I analisis aktivitas guru sebanyak 80,5 % meningkat pada siklus II menjadi 95,5 %. sedangkan analisis aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 78% meningkat pada siklus II menjadi 91,5%, dan hasil belajar kemampuan menulis teks berita pada siklus I diperoleh ratarata nilai 75,3 dengan ketuntasan klasikal 64% meningkat pada siklus II menjadi rata-rata nilai 90,3 dengan ketuntasan klasikal 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 3 Kerinci..Referensi
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021).
Analisis Penggunaan Model
Pembelajaran Project Based Learning
dalam Peningkatan KeaktifanSiswa.
Jurnal Pendidikan Administrasi
Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.
Arikunto, S., Suhardjo., & Supardi (2013).
Pengembangan Instrumen Penelitian dan
Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka
Belajar.
Bangun, E. P., Koagouw, F. V., & Kalangi, J.
S. (2019). Analisis Isi Unsur Kelengkapan
Berita pada Media Online
manadopostonline. com. Acta Diurna
Komunikasi, 1(3).
Budayatna, Muhammad. (2016). Jurnalistik
Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Hamson, Zulkarnain. (2020). "Mencerna Fakta
dalam Berita.": 17-22.
Helaludin, & Awalludin. (2020). Keterampilan
Menulis Akademik. Banten: MediaMadani.
Lestari, S & Yuwono, Agung, M. (2022).
Choaching Untuk Meningkatkan
Kemampuan Guru dalam Menerapkan
Pembelajaran Berbasis projek (Project
Based Learning). Jawa Timur: Kun
Fayakun.
Mulyati, Y. (2014). Hakikat Keterampilan
Berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal,1
Permendikbud, R. I. (2014). Nomor 103 tahun
tentang Pembelajaran pada
Pendidikan Dasar dan Pendidikan
Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Ramli, Muhammad. (2012). Media dan
Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin:
IAIN Antasari Press.
Rasinta, E. (2019). Peningkatan Kemampuan
Berpikir Kreatif melalui Model
Pembelaran Discovery Learning pada
Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP
Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal
Education and Development, 7(4), 223-
Safitri, M. D., & Septiana, I. (2023). Dalam
Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi
pada Siswa Kelas Xi. Metamorfosis Jurnal
Bahasa, Sastra Indonesia dan
Pengajarannya, 16(1), 11-24.
Salam. (2022). Perencanaan Pembelajaran
Bahasa Indonesia. Bantul: Mata Kata
Inspirasi.
Suparno, & Yunus, M.(2007). Keterampilan
Dasar Menulis. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Wajuwibiwo, Seto, I. (2019). Pengantar
Jurnalistik Teknik Penulisan Berita,
Artikel & Featur. Banten: Lokomedia.
Yarmi, G. (2017). Pembelajaran Menulis di
Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu
Pendidikan, 31(1), 1-6.
Yunus, Mohamad. (2014). Keterampilan
Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka