PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PKn DENGAN STRATEGI TRUE OR FALSE DI SD NEGERI 23 BATANG ANAI
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 23 Batang Anai baik dalam melaksanakan diskusi, mengemukakan pendapat dan menyimpulkan, pelajaran yang disebabkan karena pada saat proses pembelajaran guru lebih cendrung menggunakan metode ceramah yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran PKn dengan strategi True or False di SD Negeri 23 Batang Anai.
      Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 23 Batang Anai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi partisipasi siswa dan lembar tes hasil belajar siswa.
      Berdasarkan hasil penelitian yang terdapat pada lembar observasi partisipasi siswa siklus I diperoleh rata-rata skor persentase partisipasi siswa untuk melakukan diskusi 58,92%, mengemukakan pendapat 49,80%, dan menyimpulkan pelajaran 33,92% dan Siklus II untuk melakukan diskusi 84,45%, mengemukakan pendapat 72,73%, dan menyimpulkan pelajaran 70,95%.  Â
      Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan strategi True or False dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 23 Batang Anai. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan strategi True or False dalam pembelajaran PKn dengan baik.
Â
Kata Kunci: Partisipasi, Strategi True or False, Pembelajaran PKn