HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENYIMAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 10 SUNGAI PENUH

Penulis

  • Ella Oktaria S
  • Mukhni .
  • Khairudin .

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar matematika siswa masih banyak yang
dibawah KKM, jika diberikan tugas masih banyak siswa yang tidak dapat menyelesaikan
tugas tersebut. Hal ini terjadi karena pada kegiatan belajar mengajar terlihat masih banyak
siswa yang tidak dapat memahami pelajaran dan tidak dapat menyimak pelajaran dengan
baik. Oleh sebab itu maka diduga kemampuan menyimak siswa dapat mempengaruhi hasil
belajar matematika siswa.
Tujuanpenelitianyaituuntukmengetahuiapakah terdapat hubungan positif antara
kemampuan menyimak siswadenganhasilbelajarmatematikakelas VIII SMPN 10 Sungai
Penuh.Jenispenelitian adalahdeskriptif. Populasinya siswakelas VIII SMPN 10 Sungai
Penuhpadatahunpelajaran 2012/2013.Teknikpengambilansampel yaitu simpel random
sampling.Instrumen yang digunakanyaituangket, wawancara,
dokumentasi,danteshasilbelajar.Teknik analisa data menggunakananalisis regresi linier
sederhana, dan korelasi. Dengan persamaan regresinya adalah Ŷ = 150,78 + 1,26 X, dan
koefisien determinasi sebesar 40,70%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
positif antara kemampuan menyimak dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII
SMPN 10 Sungai Penuh.
Kata Kunci: Kemampuan Menyimak, Hasil Belajar Matematika

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-19