PENGARUH PEMAHAMAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 SUNGAI LIMAU KECAMATAN SUNGAI LIMAU KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Penulis

  • Widia Vitriani
  • Fazri Zuzano
  • Niniwati .

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena siswa kurang berminat dalam proses pembelajaran matematika dan siswa kurang menguasai pemahaman awal dari materi yang diajarkan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pemahaman awal dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Limau tahun pelajaran 2012/2013.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif, sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa dari kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Limau yang ditentukan dengan teknik stratified random sampling, data dikumpulkan melalui angket dan tes dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda.

            Setelah data dianalisis dengan regresi linier berganda diperoleh persamaan regresinya . Setelah dilakukan uji keberartian regresi berganda diperoleh Fhitung  Ftabel maka persamaan tersebut berarti pada taraf nyata 95%. Kemudian dilanjutkan dengan uji koefisien korelasi linier berganda maka diperoleh koefisien korelasi 0,5697 dan harga koefisien determinasinya adalah 32,46%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pemahaman awal dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Limau.

Kata Kunci: Pengaruh, Pemahaman Awal, Minat Belajar, Hasil Belajar   

 Matematika

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-19