PENGARUH CARA BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PARIAMAN

Penulis

  • Pevi Honnesty
  • Fazri Zuzano
  • Niniwati .

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman masih rendah. Cara belajar matematika siswa yang masih belum baik. Maka diduga cara belajar matematika mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cara belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman tahun pelajaran 2012/2013.

Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 243 orang, dan sampelnya diambil satu (1) lokal secara acak (32 orang siswa). Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar.

Berdasarkan analisis dengan regresi linier sederhana diperoleh gambaran bahwa cara belajar matematika ada hubungan linier dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman pada taraf nyata 95%. Berdasarkan koefisien determinasi pengaruh antara cara belajar matematika dengan hasil belajar matematika yaitu 46,8%. Dengan uji signifikan diperoleh thitung = 5,139 dan ttabel = 2,042. Karena thitung> ttabelmaka ada pengaruh yang  signifikan antara cara belajar matematika dengan hasil belajar matematika. Jadi cara belajar matematika siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman.

Kata Kunci : Pengaruh, Cara Belajar,H asil Belajar, Matematika

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-19