Improving the Learning Outcomes of Science in Grade IV Students Using the Two Stay Two Stray Model Assisted by Quiziz Media at SDN 30 Tanjung Mudik
Abstrak
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTU MEDIA QUIZIZ DI SDN 30 TANJUNG MUDIK Agela Yuni Safitri1 , Heri Effendi1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : agelasafitry157@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS siswa menggunakan Model Two Stay Two Stray berbantu media quiziz di kelas IV SDN 30 Tanjung Mudik. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Penelitian dilaksanakan melalui 4 Tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dan tes. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 30 Tanjung Mudik. Instrumen Penelitian meliputi lembar observasi guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan pengamatan aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase 60 % dan 65 %, sedangkan pada siklus II diperoleh persentase 70 % dan 80 %. Sedangkan pada pengamatan penilaian afektif siswa pada siklus I pertemaun 1 diperoleh nilai rata-rata 85,6 dengan persentase 85 % , pada pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata 86,5 dengan persentase 86 % dan pada siklus ke II pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 89 dengan persentase 89 %, pada pertemuan ke 2 diperoleh nilai rata-rata 94,05 dengan persentase 94 %. Sedangkan Tes hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata kelas 67 % dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase nilai rata-rata kelas 89 %. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Model Two Stay Two Stray berbantu media quiziz dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 30 Tanjung Mudik. Kata Kunci: Hasil, Belajar, IPAS.Referensi
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2017. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi aksara
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.
Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017
Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56
Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.
Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.
Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.
Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.
Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52
Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.
Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Peserta didik Kelas X SMK Ketintang Surabaya
Fathurrohman, M. (2018). Mengenal Lebih Dekat Pendekatan Dan Model Pembelajaran.
Yogyakarta: Kalimedia.
Millati, N. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) DI SD 3 Garung Lor Kaliwungu Kudus. Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Tarbiyah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka.