Correlation of Learning Interests with the Learning Outcomes of Science Students of Grade IV of Elementary School 56 Anak Air Padang

Penulis

  • Wahyu Erma Ningsih Universitas Bung Hatta
  • Yulfia Nora Universitas Bung Hatta

Abstrak

KORELASI MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 ANAK AIR PADANG Wahyu Erma Ningsih1, Yulfia Nora1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : wahyuirmaningsih2@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 56 Anak Air Padang terhadap hasil belajar IPAS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 56 Anak Air Padang yang berjumlah 70 siswa, yaitu terdiri dari kelas A 22 siswa, kelas B 23 siswa dan kelas C 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dari minat belajar menggunakan skala likert, untuk hasil belajar diperoleh dari dokumentasi hasil nilai ujian tengah semester ganjil IPAS. Teknik analisis yang digunakan adalah product moment. Hasil penelitian juga dapat dilihat berdasarkan perhitungan korelasi product moment diperoleh nilai r 0,151 menunjukkan bahwa korelasi antara variabel X dan Y relatif lemah. Sedangkan nilai signifikansi yang tinggi 0,503 menunjukkan bahwa hubungan antara variabel X dan Y tidak signifikan secara statistik. Berdasarkan hasil korelasi dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara variabel minat belajar dan hasil belajar. Kata Kunci : Minat Belajar, IPAS

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Research Procedures A Practical Approach. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2017. Psychology Research Methods Edition II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, p. 250.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017

Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56

Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.

Nora, Y., & Mudjiran. (2022). Pendidikan Dalam Teori Perbedaan Individu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12013–12020.

Paul, I., Wariani, T., & Boelan, E. G. (2022). "The Relationship Between Interest and Learning Outcomes in the Application of Pocket Book Media for Stoichiometry Material for Class X Mia Students of Sma Seminari St. Rafael Oepoi Kupang in the 2022/2023 Academic Year". Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 440– 445.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-16