Development of Ludo Learning Media in Indonesian Language Subject for Fourth-Grade Students at SDN 40 Koto Panjang, Pesisir Selatan Regency
Abstrak
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 40 KOTO PANJANG KABUPATEN PESISIR SELATAN Zahra Nail Alifa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : Zahranailalifa@Gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti kurang adanya media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran yang mana hanya beracuan pada buku pegangan guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ludo untuk kelas IV SD Negeri 40 Koto Panjang yang valid, praktis, dan efektif. Untuk dapat menghasilkan media dipakailah teori dalam pembuatan skripsi ini, teori dari Khair (dalam Kurniawan dkk, 2020:65) pembelajaran Bahasa Indonesia, Sulistiani (2020:112) teks prosedur, Rabitah (2018:100) media pembelajaran, Oktaria (2017:125) permainan media. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) Sugiono (2019:297). Prosedur pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahap yang dilakukan define, design dan develop. Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli yaitu validator materi , bahasa, dan desain. Skor aspek penilaian materi memperoleh 88,33%, skor aspek penilaian desain memperoleh 88,33%, skor aspek penilian bahasa memperoleh 91,66% dan mendapat rata-rata skor validasi adalah 89,44% dengan validasi persentase yang memenuhi kriteria sangat valid. Praktikalitas terdiri dari guru dan siswa, praktikalitas oleh guru memperoleh jumlah persentase 95% dan praktikalitas oleh siswa skala terbatas memperoleh jumlah persentase 82% termasuk kriteria valid praktikalitas skala kecil memperoleh persentase 78%. Keefektifan media pembelajaran ludo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Memperoleh persentase ketuntasan posttest 76,70%. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran permainan ludo yang dikembangkan pada materi Bahasa Indonesia teks prosedur layak di aplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar. Kata kunci : 3-D, belajar, pembelajaran Bahasa Indonesia, teks prosedur, media pembelajaran ludo.Referensi
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.
Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017
Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56
Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.
Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.
Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.
Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.
Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52
Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.
Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.