ANALYSIS OF MATHEMATICAL PROBLEM-SOLVING ABILITIES IN FRACTION MATERIALS BASED ON POLYA'S THEORY IN 5TH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 11 KUBU TAPAN
Abstrak
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MATERI PECAHAN BERDASARKAN TEORI POLYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 11 KUBU TAPAN Nadha Andini Melia Putri1, Ira Rahmayuni Jusar1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: nadhaandinimliaputri@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan dalam menerjemahkan soal cerita kedalam model matematika. Sehingga memungkinkan peserta didik sulit untuk mengetahui bagaimana cara mengoperasikan dan menghitung soal cerita matematika tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah materi pecahan berdasarkan Teori Polya dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas V SD Negeri 11 Kubu Tapan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 11 Kubu Tapan. yang berjumlah 19 siswa. Untuk mendapatkan data kemampuan siswa, peneliti mewawancarai 6 orang siswa dengan 3 kategori. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes essay berupa soal cerita dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: Reduksi data, Penyajian data, dan Kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa Berdasarkan analisis data, kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD N 11 Kubu Tapan dalam materi pecahan menunjukkan hasil yang positif bahwa terdapat 47,37% siswa kategori tinggi, 31,57% siswa kategori sedang dan 21,05% siswa kategori rendah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah yang didapatkan pada penelitian ini yaitu faktor pengalaman awal siswa, dorangan atau motivasi, tidak percaya diri, siswa lupa akan materi, ketidaktelitian siswa, serta keterampilan yang dimiliki siswa. Kata Kunci : Pemecahan masalah, Pecahan, Teori PolyaReferensi
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.
Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017
Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56
Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.
Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.
Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.
Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.
Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52
Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.
Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.
Muslina, & Apriani, D. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok. Nabla Dewantara, 4(2), 39–42. https://doi.org/10.51517/nd.v4i2.136
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Asesmen Kinerja Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education., 2(1), 445–452. https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3322
Krismiati, A. (2013). Penerapan Pembelajaran Dengan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Secara Berkelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas X Sma. Infinity Journal, 2(2), 123. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.29