The Effect of Using Role Playing Method Assisted by Animated Video Media on the Learning Outcomes of Science in Grade IV at SD Negeri 54 Anak Air Padang

Penulis

  • Dea Karina Andini Universitas Bung Hatta
  • Dea Karina Andini Universitas Bung Hatta
  • Heri Effendi Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 54 ANAK AIR PADANG Dea Karina Andini1, Heri Effendi1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: Deakarinaandini@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga menjadikan hasil belajar siswa rendah. Rendahnya hasil belajar siswa menuntut guru untuk memperbaiki proses pembelajaran, salah satu cara dengan menerapkan metode Role Playing berbantu media video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing berbantu media video animasi terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD Negeri 54 Anak Air Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest only Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah 54 siswa kelas IV yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan IV-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 82,96 sedangkan kelas kontrol mempunyai rata-rata nilai 75,25. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis menggunakan Independent Samples t test. Hasil uji menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi sebesar 0.007 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05. Dari hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan metode Role Playing berbantu media video animasi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 54 Anak Air Padang pada tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci: Metode Role playing, Media video animasi, Hasil belajar, IPAS

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017

Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56

Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.

Nurhasanah, A., & Alfurqan, A. (2024). Penggunaan media video animasi dalam pembelajaran manasik haji di Paud Mawar. Tazakka: jurnal pendidikan dan keislaman, 2(02), 92-106

Pebriyanti, P., Febriyanti, R., Amelia, S., Ruswan, A., Sholihah Rosmana, P., Nurainun Fazrin, D., Maulidawanti, D., & Nurlaela, I. (2024). penerapan video animasi sebagai media pembelajaran interaktif untuk siswa sekolah dasar (studi literatur).

Putu, N., Valentina, D., & Sujana, W. (2021). Jurnal pendidikan anak usia dini undiksha video pembelajaran animasi berbasis role playing tema profesi pada anak usia dini

Sari, V. P., & Sayekti, I. C. (2022). Evaluasi pelaksanaan asesmen kompetensi minimum (akm) pada kompetensi dasar literasi membaca peserta didik sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 5237–5243.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif dan r&d. Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alf

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-16